Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 52 siswi SMP Mualimat Gresik penumpang Bus Pariwisata "Indah Jaya" nomor polisi W-7849-UR yang terguling di Jalan Tol Romokalisari dari arah Surabaya ke Gresik, Senin pagi, selamat.

"Semuanya sudah dievakuasi dan syukurlah tidak ada korban jiwa. Sebagian penumpang mengalami luka lecet dan semuanya menangis karena shock," ujar Kanit Polisi Jalan Raya Tol Polda Jatim AKP Anwar Sujito.

Diduga sopir, Arif Hermawan (37) warga Ngadiluwih Kediri mengantuk saat bus akan menanjak tepat di jalur "interchange" sekitar 500 meter dari pintu keluar tol.

AKP Anwar menjelaskan, kronologis kejadian berawal ketika bus yang baru pulang dari tur tujuh wali tersebut terlebih dahulu menabrak trotoar sisi kanan jalan sebelum terguling.

Jalan yang menikung dan licin membuat sopir tidak bisa mengendalikan kemudi hingga akhirnya terguling ke kiri tepat di lajur tengah. Sebagian kaca bus, utamanya kaca depan pecah dan sempat terjadi himpitan antarpenumpang.

"Kejadiannya tepat di atas jembatan menuju pintu keluar Romokalisari. Semua penumpang sudah dievakuasi, sedangkan sopir dan kernetnya kami mintai keterangan," kata dia.

Akibat kejadian ini, petugas menutup total jalur menuju pintu keluar tol Romokalisari dan mengalihkannya ke pintu keluar Kebomas, Gresik.

"Alternatif lainnya, semua kendaraan ada juga yang diarahkan turun melalui pintu tol Tandes Timur. Selama proses evakuasi, jalur ditutup total," tukas AKP Anwar.

Sementara itu, proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan jasa mobil derek untuk mengembalikan posisi bus. Nantinya bus akan ditarik di pos polisi Jalan Tol.

"Sopir dan kernet serta sebagian penumpang kami mintai keterangan untuk proses lebih lanjut," tuturnya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012