Kami berharap peragaan busana dapat menggerakkan IKM dan pariwisata di Gunung Kidul,
Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan menggelar peragaan busana di Gua Rancang Kencana, Bleberan, pada 11 Juni 2022.
​​​
"Kegiatan peragaan busana ini digelar Dinas Perindustrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 191 Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan yang sekaligus akan menjadi ajang promosi batik Gunung Kidul," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja (DPKUKMTK) Gunung Kidul Kelik Yuniantoro di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan peragaan busana akan diikuti 13 industri kecil menengah (IKM) batik dan 12 desainer lokal Gunung Kidul. Selain itu, dalam acara melibat model yang akan tampil berjumlah 15 orang.

"Nantinya bupati dan 32 kepala OPD juga akan tampil dan bergaya di atas catwalk," kata Kelik.
Baca juga: Sandiaga beri ruang "endorse" untuk pelaku fesyen di medsos resmi

Acara peragaan busana akan digelar dalam tiga sesi yang akan menyuguhkan 50 busana. Selain peragaan busana, panitia juga akan menggelar bazar, live music serta penganugrahan cipta ikon.

"Model asli Gunung Kidul kita pilih yang minimal mempunyai tinggi badan 155 centimeter," kata Kelik.
Baca juga: Material baju sustainable kian diminati

Kelik juga mengatakan kegiatan peragaan busana di dalam gua ini selain untuk mengangkat batik dari IKM Gunung Kidul juga sebagai upaya promosi wisata Gua Rancang Kencana.

"Harapannya kegiatan ini akan menjadi magnet bagi wisatawan. Mereka akan mendatangi Gunung Kidul," papar Kelik.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul mendukung rencana peragaan busana tersebut. "Kami berharap peragaan busana dapat menggerakkan IKM dan pariwisata di Gunung Kidul," harap Kelik.

Baca juga: Tips pertahankan keuangan usaha fesyen usai lonjakan omzet Ramadhan

Pewarta: Sutarmi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022