Solo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Balekambang saat pulang ke Solo, Jawa Tengah menghadiri pernikahan adiknya, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

"Pagi hari ini saya berkunjung ke Balekambang, Kota Solo dalam rangka melihat geliat aktivitas para seniman, utamanya seniman rakyat, baik itu wayang orang, ketoprak, reog, dan seni tradisi," katanya saat mengunjungi Taman Balekambang Solo, Kamis.

Ia mengatakan sudah dua tahun terakhir seni tradisional berhenti beraktivitas akibat pandemi COVID-19. Akibatnya, pelaku seni budaya juga tidak memiliki panggung untuk berpentas.

"Kita tahu sudah dua tahun ini vakum, tidak ada kegiatan. Saya harapkan setelah pandemi bisa kita kembalikan, harapannya aktivitas itu bisa dimulai lagi, yang paling penting itu," katanya.

Baca juga: Pandemi melandai, Presiden harapkan kegiatan seni-budaya bangkit

Ia mengatakan usai pandemi COVID-19 seluruh sektor ekonomi harus hidup kembali, termasuk seni budaya.

"Ini dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita. Saya rasa itu, makanya pagi ini saya ketemu dengan pelaku seni tradisi, yang paling penting dihidupkan kembali," katanya.

Termasuk dihidupkannya kembali pusat kebudayaan, dikatakannya, akan memberikan dampak baik bagi setiap seni budaya di Indonesia, termasuk di Solo.

"Utamanya bisa menunjukkan seni tradisi bisa hidup sampai kapanpun," katanya.

Ia juga berjanji pemerintah pusat akan selalu mendorong kemajuan seni budaya di Indonesia.

"Semua yang berkaitan dengan kebudayaan dan seni budaya pemerintah pusat akan terus dorong," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan tambahan modal pelaku usaha di Pasar Gede
Baca juga: KH Ma'ruf Amin jadi saksi nikah Anwar Usman dan adik Presiden Jokowi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022