RSUD Bendan menjadi rumah sakit tipe C yang pertama kali di Indonesia yang membuka layanan laboratorium patologi anatomi
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memiliki layanan vaksinasi internasional dan laboratorium patologi anatomi untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa dengan hadirnya dua pelayanan tersebut maka pemkot akan terus melakukan terobosan-terobosan terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah di Hari Ulang Tahun Ke-13 RSUD Bendan, terus berinovasi dan melengkapi peralatan medis. Kami berharap RSUD Bendan bisa semakin maju dan bisa melayani masyarakat lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: Pemkot pastikan belum ada kasus hepatitis akut di Pekalongan

Menurut dia, degan memiliki layanan vaksinasi internasional dan laboratorium patologi anatomi, kini masyarakat tidak perlu dirujuk keluar kota atau rumah sakit lainnya apabila menderita penyakit tertentu.

Pelayanan medis, kata dia, harus terus dimaksimalkan agar masyarakat semakin mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan.

"Kami berharap masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik sesuai salah satu visi dan misi saya dan wakil Wali kota untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan minta tradisi Syawalan untuk mempererat silaturahmi

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bendan Pekalongan dr. Difayana mengatakan dengan diluncurkannya pelayanan vaksinasi meningitis dan influenza dengan standarisasi dan sertifikat internasional maka dapat membantu masyarakat yang hendak berangkat umrah maupun haji.

Kemudian untuk laboratorium patologi anatomi, kata dia, bisa menjadi bagian inovasi RSUD Bendan Pekalongan, dimana pemeriksaan sel normal, sel abnormal dan sel ganas seperti kanker bisa dilayani di rumah sakit setempat.

"Alhamdulillah RSUD Bendan menjadi rumah sakit tipe C yang pertama kali di Indonesia yang membuka layanan laboratorium patologi anatomi," katanya.

Baca juga: Pemkab Pekalongan siap gelar tradisi Gunungan Megono



 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022