Palangka Raya (ANTARA) -
Provinsi Kalimantan Tengah resmi menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan dunia mountain bike city UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang akan dilaksanakan 28 Agustus mendatang.
 
"Agenda sepeda internasional ini akan dilaksanakan di Palangka Raya dan rencananya diikuti para peserta dari 33 negara," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang juga Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) provinsi ini di Palangka Raya, Rabu.
 
Sugianto menyatakan berbagai persiapan akan dilakukan secara optimal dan saat ini tim yang terdiri dari pemerintah daerah dan pihak terkait sudah mensurvei lokasi penyelenggaraan turnamen.
 
"Nantinya juga direncanakan dilaksanakan lomba sepeda tingkat provinsi untuk meramaikan agenda internasional ini," kata dia.
 
Persiapan membangun sarana prasarana dilakukan secara optimal oleh Pemprov agar agenda-agenda skala internasional bisa terus digelar di provinsi ini secara berkelanjutan.
 
Ketua Harian ISSI Kalimantan Tengah  Rahmat Nasution Hamka menambahkan, kejuaraan dunia mountain bike city di provinsi ini adalah yang pertama diadakan di Indonesia dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang ditunjuk langsung.

Baca juga: Zainal Fanani sumbang emas kedua balap sepeda SEA Games Vietnam
 
"Sudah kami lakukan peninjauan, untuk survei lokasi, di antaranya di kawasan Istana Isen Mulang dan bundaran besar hingga kawasan Tuah Pahoe dan sekitarnya," kata Rahmat.
 
Kejuaraan dunia ini akan digelar di beberapa negara dan Kalimantang Tengah menjadi seri kedelapan dari sebelas seri yang akan berakhir di Belgia itu.

Sekjen PB ISSI Pusat Parama Nugroho mengatakan event berskala internasional ini tindak lanjut dan sekaligus respon positif pihaknya terhadap keinginan Kalimantan Tengah menggelar acara berskala besar.
 
"Dengan dilaksanakannya lomba ini nantinya, maka mata dunia akan tertuju ke Kalteng. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai sport tourism," kata Parama.

CEO City Mountain Bike Christhop dari Belgia menjelaskan, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara pihaknya, Pemprov Kalimantan Tengah, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Baca juga: MTB Indonesia lakukan adaptasi dan jajal lintasan di Vietnam

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022