Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan mengenai peningkatan suhu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan penelitian untuk mendeteksi virus penyebab hepatitis akut, dan Pasar Manyaran di Semarang terbakar.

Selain itu ada warta mengenai penularan penyakit mulut dan kuku pada ternak dan pernyataan pemerintah mengenai narasi penggunaan dana haji untuk IKN yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

BMKG: Waspadai suhu panas hingga pertengahan Mei 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai dampak suhu panas atau terik pada siang hari yang berpotensi terjadi hingga pertengahan Mei 2022.

BRIN berupaya deteksi virus penyebab hepatitis akut

Kelompok Riset Hepatitis Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berupaya mendeteksi virus penyebab hepatitis akut dengan melakukan penelitian serologi dan molekuler.

Kemenag sebut narasi soal permintaan penggunaan dana haji untuk IKN hoaks

Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan bahwa narasi yang menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji digunakan oleh pemerintah untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah hoaks dan fitnah.

Kebakaran terjadi di Pasar Manyaran Semarang

Kebakaran yang terjadi di Pasar Manyaran, Kembang Arum, Kota Semarang, Jawa Tengah, menyebabkan setidaknya 10 kios ludes terbakar.

Belasan sapi di Boyolali positif terjangkit penyakit mulut dan kuku
​​​​​​​

Dinas Peternakan Kabupaten Boyolali di Provinsi Jawa Tengah menyebutkan bahwa 15 sapi milik seorang peternak di Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, positif terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022