Madiun (ANTARA News) - Bus Rosalia Indah jurusan Malang-Yogyakarta menabrak sebuah truk gandeng Varia Usaha di jalur Madiun-Surabaya di Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu malam.

Namun, kecelakaan ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, kecuali arus lalu lintas di jalur provinsi tersebut yang mengalami kemacetan.

Salah satu penumpang Bus Rosalia Indah, Adi (32), mengatakan, kecelakaan terjadi saat Bus Rosalia bernomor polisi AD-1461-AU, yang dikemudikan oleh Tri Joko Waluyo (47) warga Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, berusaha mendahului kendaraan di depannya.

Saat itu, bus melaju dari arah Malang menuju Yogyakarta. Pada saat bersamaan, dari arah berlawanan ada truk gandeng bernomor polisi W-9834-UB yang dikemudikan oleh Sakri warga Deket, Lamongan.

Akibat jarak yang terlalu dekat, maka kedua kendaraan tersebut langsung bertabrakan pada bagian depannya.

"Bus waktu itu berusaha untuk mendahului kendaraan di depannya, pada saat yang sama dari arah berlawanan ada truk. Bus akhirnya membanting haluan ke kiri, namun tetap saja tidak sempat menghindar karena jarak yang terlalu dekat," ujar saksi Adi, kepada wartawan.

Sopir bus sudah berusaha untuk mengerem, namun akibat jalan yang licin setelah diguyur hujan, membuat laju bus tidak dapat langsung berhenti hingga akhirnya menghantam bagian depan badan truk.

Akibat tabrakan tersebut, bagian depan kanan bus mengalami ringsek, sedangkan badan truk gandeng pada bagian kiri juga mengalami kerusakan.

Selain kerusakan kendaraan, kecelakaan tersebut juga membuat arus lalu lintas dari arah Madiun-Surabaya hingga sebaliknya sempat mengalami kemacetan, karena badan truk dan bus sempat melintang di tengah jalan.

Untuk mengurai kemacetan, polisi satuan lalu lintas Polres Madiun terpaksa memberlakukan sistem buka tutup jalan. Keadaan ini berlangsung hingga petugas melakukan evakuasi bangkai kendaraan dari jalan raya.

Setelah bangkai kendaraan berhasil dievakuasi, jalur provinsi penghubung Jawa Timur dengan Jawa Tengah ini kembali lancar. Polisi meminta para pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasi jalur ini, terlebih setelah diguyur hujan, sebab ruas jalan akan sangat licin.
(ANT-072/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011