Surabaya (ANTARA) - Pagi itu, suasana Pendopo Kantor Kelurahan Siwalankerto, Kecamatan Siwalankerto, Kota Surabaya, Jawa Timur, tampak berbeda dari biasanya.

Sebab, ada puluhan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anggrek 1 Siwalankerto tampak berjejer di sana. Mereka menunggu dimulainya kelas inspirasi dibuka.

Detak jam dinding menunjukkan pukul 08.05 WIB. Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani tiba. Kedatangan istri Wali Kota Surabaya Eri Cahaydi ini membuat suasana pendopo kelurahan nampak riuh gembira.

Anak-anak pun lantas diajak duduk bersama. Mereka nampak antusias mendengarkan dongeng dan cerita. Sementara Bunda Rini, mulai bercerita di depan sembari memotivasi mereka.

"Ayo, siapa yang bisa surat Al-Ikhlas?" ujar Bunda Rini menanyakan kepada anak-anak di sana.

Sejumlah anak terlihat mengacungkan jarinya. Satu di antara mereka berdiri di depan dan membaca surat tersebut. Meski bacaannya terdengar belum sempurna, namun anak itu nampak begitu antusias.

"Anak pinter, nanti Bunda Rini kasih hadiah ya," kata Rini Indriyani kepada anak tersebut.

Dalam momen itu, Bunda Rini juga bercerita tentang profesi pekerja, mulai dari pilot, dokter hingga petugas pemadam kebakaran. Sejumlah baju pekerja dengan ukuran mini tidak lupa dihadirkan. Itu dilakukan untuk memberi edukasi pengetahuan kepada mereka.

Bunda Rini yang juga Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Surabaya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para bunda yang sudah mendidik anak-anak dengan pintar dan cerdas. Terima kasih juga sudah diperkenalkan dengan anak-anak yang luar biasa.

Menurut Rini, memang tidak mudah menjadi seorang tenaga pendidik. Apalagi, tenaga pendidik bagi anak PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK) karena seorang pendidik harus memiliki kesabaran yang lebih ekstra.

Rini lantas menilai bahwa kelas inspirasi membawa dampak positif di kalangan anak-anak Surabaya, sehingga pihaknya berharap, kelas inspirasi itu ke depannya dapat berkelanjutan.

Kelas inspirasi di Surabaya telah dimulai sejak 14 April 2022. Para Bunda PAUD di masing-masing kelurahan diminta mengirimkan video mengajar di masing-masing PAUD.

Hingga saat ini, Rini sudah mengajar di kelas inspirasi di dua sekolah yakni di TK At Taqwa Jalan Griya Babatan Mukti Blok J No. 32, Babatan, Kecamatan Wiyung, Surabaya pada Rabu (20/4) dan PAUD Anggrek 1 Siwalankerto di Kelurahan Siwalankerto, Kecamatan Siwalankerto, Surabaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya Tomi Ardiyanto mengatakan, kelas inspirasi diharapkan dapat memotivasi anak-anak PAUD dan TK kembali bersemangat mengikuti pendidikan di kelas.

Sebab, selama dua tahun pandemi ini, anak-anak PAUD dan TK di Surabaya lebih banyak belajar secara daring dari rumah.

Mengajar anak-anak PAUD dengan cara menyenangkan itu diharapkan bisa mengembalikan suasana dua tahun yang lalu sebelum pandemi COVID-19.

Kegiatan yang dilakukan Ketua TP PKK Surabaya tersebut diharapkan bisa menginspirasi Bunda PAUD di setiap kecamatan dan kelurahan.

Mendongeng

Pada Peringatan Hari Kartini tahun 2022, Bunda PAUD Surabaya menggelar beberapa kegiatan edukasi, di antaranya kelas daring public speaking, mendongeng dengan metode read aloud dan kelas inspirasi Bunda PAUD.

Kegiatan edukasi yang diikuti Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Pahlawan ini sebagai salah bentuk edukasi kepada Bunda PAUD dalam mengajar, memahami dan merangkul anak-anak PAUD agar nyaman ketika belajar di kelas.

Pelatihan bertema "Dengan Semangat RA. Kartini Wujudkan Generasi Unggul Berkarakter Profil Pelajar Pancasila" ini, Bunda PAUD Surabaya mengundang narasumber dari LKP Probest Profesional Broadcasting School untuk memberikan materi public speaking.

Narasumber memberikan wawasan strategi komunikasi dan teknik public speaking pada anak-anak. Begitu dengan kelas daring mendongeng dengan teknik read aloud, Bunda PAUD juga bekerja sama dengan Rotary Club Surabaya dan Komunitas Read Aloud Surabaya.

Teknik mendongeng read aloud ini sangat efektif untuk anak-anak PAUD, karena dengan metode ini akan memperkaya pengetahuan, kosakata hingga mengajarkan cara membaca yang baik.

Sementara itu, di kelas inspirasi, para bunda PAUD kecamatan dan kelurahan akan menjadi sosok inspiratif dengan mengajar dan bercerita dengan gaya bahasa sederhana tentang profesi masing-masing Bunda PAUD.

Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik PAUD untuk belajar dan membangun imajinasi tentang beragam profesi yang ada di masyarakat. Juga dapat menginspirasi peserta didik untuk menumbuhkan cita-cita sejak dini.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, tenaga pendidik PAUD diharapkan bisa memberikan pembaharuan dalam mengajar dan melengkapi kekurangan PAUD satu dengan lainnya.

Sebab, semua PAUD bergerak bersama dengan gotong royong dan kekeluargaan, untuk menciptakan anak-anak yang hebat yang nantinya menjadi pemimpin di masa mendatang.

Tenaga pendidik PAUD adalah orang yang hebat tanpa pamrih, oleh karena itu menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan apresiasi yang terbaik. Tanpa mereka, Kota Surabaya tidak bisa mencetak pemimpin hebat di masa yang akan datang.

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya sendiri telah menyiapkan teknis atau skema pembaharuan dalam mengajar PAUD sebagaimana instruksi wali kota, seperti indikator percontohan bagi para tenaga pendidik PAUD, serta sarana dan prasarana edukasi.

Hal lain terkait kompetensi para guru, Dispendik Kota Surabaya juga siap melakukan penyegaran karena dasar dan kisi-kisinya sama. 

Baca juga: 600 bunda PAUD di Surabaya dikuliahkan gratis

Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022