Bandarlampung (ANTARA News) - Calon jamaah haji Provinsi Lampung yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 akan masuk Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung pada 8 Oktober 2011.

"Calhaj sebanyak 450 orang asal Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung harus masuk asrama besok sekitar pukul 13.00 WIB," kata Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Istutiningsih di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, para calhaj Lampung sebelum diberangkatkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Sriwijaya harus masuk asrama terlebih dahulu.

Berdasarkan jadwal calhaj Lampung itu pada 9 Oktober sekitar pukul 10.30 WIB dari Bandara Raden Inten Branti Lampung Selatan, diberangkatkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian sekitar pukul 16.00 WIB meneruskan perjalanan menuju Arab Saudi.

Humas Kanwil Kemenag Lampung itu menjelaskan, para calhaj itu di asrama haji, setelah diterima oleh petugas, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian gelang identitas, pemeriksaan paspor, pemeriksaan x-ray, pemberian uang (living cost) sebesar 1.500 riyal dan lain-lain.

"Selain itu calhaj juga tidak diizinkan menerima makanan dari luar untuk menghindari penyakit, dengan kata lain asrama haji harus steril," kata dia.

Untuk daya tampung asrama haji sendiri menurut dia, asrama itu dapat menampung sekitar 900 lebih jemaah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Abdurrahman melaporkan, jumlah calhaj Lampung 1432 Hijriyah/2011 yang telah melunasi biaya pemberangkatan haji mencapai 6.343 orang.

"Namun yang berangkat tahun ini juga sebanyak 6.230 orang. Sisanya berhalangan tidak bisa mengikuti rombongan tahun ini," kata Abdurrahman.

Bagi calon haji yang tidak berangkat, namun mereka telah melunasi biaya pemberangkatan akibat meninggal dunia atau halangan lainnya hingga tertunda pemberangkatannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, calhaj Lampung terbagi dalam 14 kloter, dengan masing-masing kloter berjumlah 450 orang.

"Pemberangkatan kloter pertama untuk Lampung kloter 11 akan diberangkatkan pada 9 oktober berjumlah 450 dari Kota Bandarlampung," kata dia.

Pemberangkatan berikutnya 10 Oktober untuk jamaah dari Lampung Utara dan Bandarlampung.

"Pemberangkatan akan dilakukan sampai pemberangkatan ke 14 yakni pada 24 Oktober yakni kloter 36," katanya.

(A054/I006)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011