Sanaa (ANTARA News) - Seorang jendral tewas dan 30 prajurit yang setia kepada Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh disandera ketika orang-orang suku menyerang pangkalan militer di daerah utara Sanaa tengah malam, kata sumber-sumber suku dan pejabat seperti dilaporkan AFP.

Jendral Abdullah al-Kulaibi, kepala brigade 63 satuan elit Garda Republik, tewas dalam serangan orang suku yang menentang kekuasaan Saleh di kota strategis Nihm, kata kementerian pertahanan Yaman.

Empat dari para penyerang itu tewas dalam serangan kep pangkalan militer yang terletak sekitar 60 kilometer dari ibu kota Yaman itu.

Televisi pemerintah Yaman membenarkan serangan itu namun tidak menyebut-nyebut soal sandera dan menyebut para penyerang adalah orang-orang bersenjata dari Partai Islah.

Satu sumber mengatakan, orang-orang suku bersenjata yang menentang Saleh menguasai bagian-bagian pangkalan itu selama sesaat, menculik 30 prajurit Yaman dan kemudian melarikan diri ke perbukitan terdekat.

Ia menambahkan, dua dari empat orang suku bersenjata tewas dalam pemboman terhadap Nihm oleh militer sebagai pembalasan atas serangan suku tersebut.

Nihm adalah satu dari sejumlah desa strategis menuju Sanaa dan menjadi lokasi dari sedikitnya lima pangkalan Garda Republik.

Satuan elit itu sejauh ini mencegah Jendral pembangkang Ali Mohsen al-Ahmar, yang kini menguasai sejumlah bagian Sanaa, meminta bala bantuan dari provinsi-provinsi utara dimana ia memiliki pengikut kuat.(*)

SYS/M014/

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011