Banjarmasin (ANTARA) - Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XIII Politeknik seluruh Indonesia menyatakan dua cabang olahraga, yakni, Bridge dan E-sport dimasukkan dalam pertandingan.

Menurut Ketua Panitia Porseni Politeknik seluruh Indonesia dari Poliban Dr Agus Pebrianto SE, M.Si di Banjarmasin, Jumat, mayoritas aspirasi para peserta Porseni dari politeknik seluruh Indonesia ingin dua cabang olahraga Bridge dan E-sport ikut dipertandingkan pada ajang yang dihelat 13--20 Juli 2022 di Banjarmasin, Kalsel.

Sebelumnya ada 13 cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebelum adanya tambahan Bridge dan E-sport ini, yakni, diantaranya, futsal, catur, voli dan tenis meja.

"E-sport lagi digemari anak muda. Kita ada banyak atletnya. Demikian juga olahraga Bridge, pembina atlet di Poliban menyatakan akan menyiapkan atletnya," kata Agus.

Baca juga: Gubernur Sulut buka Porseni Politeknik se-Indonesia

Baca juga: Juara kaligrafi dan stand-up comedy bisa masuk jalur prestasi Poliban


Bagi Poliban sebagai tuan rumah, tuturnya, tidak ada masalah ditambahnya dua cabang olahraga ini, hingga akan lebih seru gelaran Porseni tahun ini.

"Kita liat nantinya, kalau setiap cabang olahraga itu ada di atas 4 pesertanya, maka dipertandingkan, jika tidak, ya tidak diperdagangkan," papar Agus.

Saat ini, ujar dia, para kampus politeknik se-Indonesia sudah mulai mengisi data untuk memasukkan para atletnya dan tim olahraga yang bakal bertanding.

"Ada Manager Meeting II kegiatan Porseni XIII Politeknik se-Indonesia untuk mematangkan pelaksanaan dan semuanya," papar Agus.

Di Manager Meeting I rencana kegiatan Porseni XIII Politeknik se-Indonesia tersebut di gelar pada 21--22 Januari lalu di Banjarmasin. Hadir 51 Politeknik se-Indonesia.

"Kita juga memastikan kesiapan tempat pertandingan, karena tidak hanya cabang olahraga, tapi juga ada 8 seni yang dipertandingkan," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Poliban Kalsel Joniriadi menyampaikan target pihaknya, yakni sukses penyelenggaraan, sukses secara administrasi, dan sukses prestasi yang diharapkan diukir mahasiswa Poliban sebagai tuan rumah.

"Kita perkirakan sekitar 2.500 atlet dari politeknik se-Indonesia mengikuti Porseni ini, hingga harus disiapkan sebaik-baiknya," ujarnya.*

Baca juga: Poliban Kalsel tambah kuota mahasiswa baru jadi 1.560 pada 2022

Baca juga: Gubernur Kalsel dukung Menara Vokasi 2021 yang disematkan Poliban

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022