Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di 10 kabupaten Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang, Sabtu.

Rilis pers diterima ANTARA, di Palembang, Sabtu menyatakan, peringatan dini cuaca ini ditujukan ke warga di Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Pagaralam, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur dan Musi Rawas.

Cuaca hujan deras itu diperkirakan terjadi pada siang hingga malam hari dengan durasi singkat.

Sementara pada pagi hari cuaca diperkirakan cerah berawan untuk 17 kabupaten di Sumsel.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Lahat, Empat Lawang, Pagaralam, Muara Enim, OKU, OKU Selatan dan Musi Rawas.

Baca juga: BMKG: Lima kabupaten Sumsel diperkirakan hujan lebat berdurasi singkat
Baca juga: BMKG: 10 kabupaten di Sumsel diperkirakan hujan lebat

Sementara cuaca berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari diperkirakan di wilayah Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, OKI dan OKU Timur.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Musi Banyuasin, PALI, Lahat, Muara Enim, OKU, OKU Timur dan OKU Selatan. Sementara cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Lubuk Linggau dan Pagaralam.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan cerah berawan dan udara kabut.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI) diperkirakan berkisar 24 – 33 °C dengan kelembaban udara 60 % - 96 %.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan diperkirakan 21 – 31 °C dengan kelembaban udara 65% - 100%.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 5 - 25 kilometer per jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,5 m, cuaca diperkirakan berawan, arah angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 5 – 37 km per jam.

Baca juga: Tangani banjir, DPRD Sumsel: Perbanyak kolam retensi di Palembang

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022