Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk waspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Potensi hujan diperkirakan terjadi dari siang hingga dini hari," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid, Lombok, NTB Aprlia dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

Menurut BMKG wilayah Kabupaten/Kota yang diprediksi terjadi hujan di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu pada siang hingga malam dini hari.

Baca juga: Gelombang sangat tinggi berpeluang hadir di perairan selatan Jawa-NTB
Baca juga: PLN Wilayah NTB antisipasi dampak cuaca ekstrem

Selain itu BMKG juga mengimbau masyarakat yang ada di pesisir pantai wilayah NTB untuk waspada tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Alas bagian utara dan selatan, Perairan Utara Sumbawa, Samudera Hindia selatan NTB serta Selat Sape bagian selatan.

"Kita mengimbau masyarakat maupun nelayan yang ada di pesisir pantai waspada tinggi gelombang laut dan angin kencang," katanya.

Baca juga: KSOP Kupang minta tunda keberangkatan kapal di seluruh perairan NTT

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022