Jakarta (ANTARA) - Edison Flores mencetak gol pada menit-menit terakhir bagi Peru yang membawa tim pegunungan Andes itu mencatat kemenangan tandang 1-0 atas Kolombia, Jumat waktu setempat yang sekaligus menghidupkan peluang mereka lolos ke putaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Flores yang diturunkan sebagai pemain pengganti saat turun minum mencetak gol pada menit ke-85 yang membuat Peru mencetak kemenangan ketiga berturut-turut sehingga kini mengumpulkan 20 poin guna menduduki posisi keempat dalam klasemen 10 tim Amerika Selatan atau satu poin di atas Uruguay.

Empat tim teratas lolos otomatis ke Qatar dan tim peringkat kelima masuk babak playoff guna melawan tim konfederasi Asia.

Brazil dan Argentina telah memastikan lolos ke Qatar, sedangkan Ekuador yang menempati posisi ketiga hampir pasti menyusul kedua negara itu. Kolombia berada pada urutan keenam dengan 17 poin.

Baca juga: Brazil vs Ekuador berakhir imbang dengan skor 1-1
Baca juga: Argentina raih kemenangan 2-1 atas Chile


Kolombia dan Peru memasuki laga ini dengan sama-sama berbekal 17 poin. Sekalipun tuan rumah Kolumbia tampil lebih menekan, mereka yang justru kalah akibat tumpul di depan gawang.

Pertandingan ini merupakan laga kualifikasi keenam berturut-turut yang dijalani Kolombia tanpa bisa membobol gawang lawan.

Peru hanya melepaskan dua tembakan ke arah gawang, atau jauh di bawah Kolombia yang melancarkan 20 tembakan yang memaksa kiper Peru Pedro Gallese membuat beberapa penyelamatan heroik yang memastikan timnya tak kebobolan.

Tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi, Uruguay, Kolombia, Peru, Bolivia, dan Paraguay memiliki peluang yang sama untuk mencapai putaran final.

Hanya Venezuela, yang bermain melawan Bolivia pada Jumat malam atau Sabtu pagi, yang sudah sama sekali tersingkir.

Pertandingan Peru berikutnya adalah menjamu Ekuador pada Selasa, sementara Kolombia bertandang ke Argentina dalam hari yang sama, demikian Reuters.

Baca juga: Iran jadi wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022
Baca juga: Virgil van Dijk sebut timnas Belanda layak lolos ke Piala Dunia 2022

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022