lima kecamatan lain nihil kasus baru
Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat pada hari ini tersisa satu orang pasien isolasi dari sebanyak 5.655 kasus warga yang terkonfirmasi positif selama pandemi berlangsung.

"Satu pasien isolasi itu berasal dari Kecamatan Parittiga, sedangkan lima kecamatan lain nihil kasus baru maupun pasien isolasi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Jumat.

Meskipun tidak ada penambahan kasus baru dalam beberapa hari terakhir, namun diharapkan masyarakat tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan guna meminimalkan risiko penularan virus tersebut.

Selain itu, kata dia, warga yang belum menerima pelayanan vaksinasi COVID-19 diharapkan segera datang ke gerai-gerai yang disiapkan di seluruh unit pelayanan kesehatan maupun gerai serbuan vaksinasi dan tim vaksinator bergerak.

"Vaksinasi diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan akan sangat berguna pada saat pandemi seperti yang terjadi saat ini," ujarnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Bangka Barat tidak bertambah sepekan terakhir
Baca juga: Polres Bangka Barat bantu percepat vaksinasi COVID-19

Dengan mendapatkan pelayanan vaksinasi, daya tahan tubuh akan meningkat dan bermanfaat pada saat tertular virus karena akan mengurangi risiko bergejala berat atau bahkan kematian.

Berdasarkan catatan Satgas Penanganan COVID-19, sampai saat ini jumlah kasus keseluruhan warga yang terkonfirmasi positif selama pandemi berlangsung tercatat sebanyak 5.655 kasus, 141 pasien di antaranya meninggal dunia, 5.513 pasien dinyatakan sembuh dan satu orang masih wajib menjalani isolasi.

Dari sebanyak 5.513 pasien sembuh tersebut berasal dari Kecamatan Mentok 2.624 orang, Simpangteritip 300, Jebus 917, Parittiga 673, Kelapa 340 dan Tempilang 659 orang.

Untuk pasien isolasi tinggal satu orang dari Parittiga, sedangkan lima kecamatan lain, yaitu Mentok, Simpangteritip, Jebus, Kelapa dan Tempilang nol kasus.

"Hari ini tidak terjadi penambahan pasien sembuh maupun pasien baru," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 81,61 persen

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022