Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting terjadi di Jakarta pada Kamis (27/1), namun lima berita paling menarik, soal rencana Jakarta dijadikan pusat bisnis pascapemindahan ibu kota hingga pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar jangan pernah mematikan kritik, disajikan lagi untuk dibaca kembali sebagai referensi pada Jumat pagi.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Pemprov DKI susun rencana jadi pusat bisnis skala global

Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 sebagai pusat ekonomi dan bisnis skala global setelah nanti tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

“Pemindahan Ibu Kota Negara menyebabkan Jakarta akan memegang peran tunggal sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global,” kata Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Sri Haryati dalam seminar terkait tata kelola pemerintahan di Balai Kota Jakarta, Kamis.
Baca selengkapnya

2. TransJakarta apresiasi pramudi karena gagalkan upaya bunuh diri

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memberikan apresiasi kepada seorang pramudi bus TransJakarta atas nama Khaerun karena telah menggagalkan upaya bunuh diri seseorang di sekitar jalur lintasan moda transportasi itu.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, TransJakarta menyampaikan terima kasih atas inisiatif baik yang dilakukan pengemudi bus tersebut.
Baca selengkapnya

3. Jakpro tutup sementara JIS mulai 30 Januari

BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) merencanakan menutup sementara stadion Jakarta International Stadium (JIS) mulai 30 Januari 2022 untuk mengejar penyelesaian pengerjaan pemasangan kursi tribun penonton dan sejumlah fasilitas lainnya.

Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto di Jakarta, Kamis, menyampaikan penutupan sementara JIS dari kunjungan masyarakat, guna menggeber pekerjaan demi mengejar realisasi penyelenggaraan agenda International Youth Championship pada 5 Februari 2022 di sana.

"Kan 5 Februari ada turnamen. Justru ini, kami banyak rapat dengan pak Luhut. Makanya JIS mulai tanggal 30 ditutup untuk penyelesaian mulai dari tribun, semua dikebut," katanya.
Baca selengkapnya

4. Panitia Formula E studi banding ke Diriyah Arab Saudi

Panitia balap Formula E (E-Prix) Jakarta dari Jakarta Propertindo dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) melakukan studi banding pergelaran balap mobil listrik tersebut ke Diriyah, Arab Saudi.

"Semuanya (panitia) yang berwenang untuk penyelenggaraan, sedang di Diriyah, sedang melihat (Formula E) di sana," kata Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
Baca selengkapnya

5. Anies tegaskan jangan pernah matikan kritik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan jangan pernah mematikan kritik yang muncul dari setiap kebijakan publik karena ada proses pembelajaran yang bisa dimaknai masyarakat.

“Jangan pernah mematikan kritik. Kalau kita matikan kritik maka mematikan proses pembelajaran,” kata Anies dalam "talkshow" soal tata kelola pemerintahan di Balai Kota Jakarta, Kamis.
Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022