Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, memastikan akan tetap fokus bekerja sebagai kepala daerah terkait keputusan pemerintah yang telah menyepakati jadwal Pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024.

"Terkait waktu pemilu yang sudah diketuk. Saya kira pertanyaan capres itu tinggi tapi saya sampaikan fokus saya tetap akan bekerja ya, saya senang 2022 karena banyak kerjaan yang selesai," dia, ketika ditanyakan pendapatan tentang kesepakatan dari KPU dan Kementerian Dalam Negeri yang menetapkan waktu pelaksanaan Pemilu 2024, Selasa.

Baca juga: Gubernur dan Inohong Jawa Barat sepakat perkuat kebhinekaan

Ia memastikan tetap fokus bekerja terlebih pada 2022 ini banyak program-program yang tuntas dan siap dioperasikan. "Sehingga nanti berita dari saya kebanyakan, peresmian ini dan pembukaan itu. Karena selama dua tahun terhenti Covid-19 dan 2022 adalah tahun panen kinerja dan saya akan fokus membereskan hal tersebut," kata dia.

Ia menuturkan pada tahun ini banyak panen peresmian-peresmian proyek sarana-prasarana. "Saya sebagai gubernur akan fokus pada kerja-kerja ya walaupun pertanyaan 2024 tidak bisa dihindari, selalu ada setiap saat di mana pun saya berada," kata dia.

Baca juga: Ridwan Kamil bertemu Paguyuban Pasundan bahas isu kesundaan

"Namun jawabannya sama, yang pasti di depan mata, Cisumdawu sudah dibuka kan, kemudian bulan Juli nanti Insya Allah Masjid Agung Jabar atau Al Jabbar juga akan beres. Dan tahun ini kemudian ada 30-an program alun-alun Garut kemudian minggu depan di Kuningan dan lain sebagainya," kata dia.

Ia berharap semua pihak bisa fokus pada kerja 2022 dan fokus pada hal yang positif. "Mari kita kurangi hal negatif dan kita lawan narasi yang memecah belah Bhinneka Tunggal Ika, mudah-mudahan dengan begitu kebangkitan Jabar dan Indonesia bisa jauh lebih cepat," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022