Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Sudirman mengisyaratkan timnya akan mengurangi ketergantungan terhadap pemain sayap Riko Simanjuntak ketika membangun serangan.

"Bagaimana pun, kami bermain dengan 11 orang dan mereka semua harus dimanfaatkan ketika menyerang dan bertahan. Tim mesti mempunyai keseimbangan," ujar Sudirman dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Meski demikian, juru taktik berusia 52 tahun itu mengakui Riko Simanjuntak merupakan pemain yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan kebuntuan.

Saat pelatih asal Italia Angelo Alessio masih menangani Persija, Riko Simanjuntak kerap menjadi andalan untuk membongkar pertahanan lawan dari sektor sayap.

Baca juga: Riko Simanjuntak sebut Angelo Alessio pelatih yang menyenangkan

Hal itu membuat pemain asal Sumatra Utara tersebut untuk sementara mencatatkan namanya sebagai pemberi umpan gol (assist) terbanyak di Liga 1 Indonesia 2021-2022, dengan enam assist, serupa jumlah assist gelandang Persebaya, Taisei Marukawa.

Assist-assist dari Riko membantu penyerang Persija Marko Simic melesakkan 12 gol sampai pekan ke-20 Liga 1 musim ini yang membuat sang "striker" berkewarganegaraan Kroasia, bersama penyerang Persik Youssef Ezzejjari, duduk di posisi ketiga pemain tersubur dengan 12 gol.

"Riko memang salah satu pemain yang memiliki kecepatan, determinasi dan daya juang untuk memecah kebuntuan," tutur Sudirman.

Baca juga: Pelatih: Pemain pengganti Riko Simanjuntak kunci kemenangan Persija

Terdekat, Persija akan melawan Persita pada laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2021-2022 yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, mulai 20.30 WIB atau 21.30 WITA.

Pada pertemuan pertama kedua tim di putaran perdana Liga 1 Indonesia 2021-2022, 28 September 2021, Persija dan Persita bermain imbang dengan skor 1-1.

Dalam 10 pertandingan terakhir antara kedua tim, Persija mencatatkan tujuh kemenangan, sementara Persita tak pernah menundukkan lawannya tersebut.

Baca juga: Sudirman pastikan Konate tampil kontra Persita sementara Motta cedera
Baca juga: Persija siap penuhi target tiga besar Liga 1

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022