Banda Aceh (ANTARA) - Prof Marwan terpilih sebagai Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) untuk periode 2022 – 2026 berdasarkan hasil Rapat Senat Tertutup dalam rangka pemilihan Rektor USK yang dilaksanakan di Gedung AAC Dayan Dawood, Senin.

Ketua Senat USK Prof Abubakar mengatakan dalam proses pemilihan Rektor ini, suara Senat USK adalah 65 persen dan 35 persen lainnya adalah suara menteri.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, Prof. Marwan berhasil meraih suara terbanyak yaitu 118 suara. Sedangkan calon lainnya yaitu Dr. Ir. Mirza Irwansyah meraih 18 suara dan Dr. Ir. Iskandar A. Gani sebanyak 10 suara.

Ia menyebutkan Senat yang jumlahnya 95 orang hadir dalam pemilihan Rektor. Sedangkan Menteri Nadiem Makarim tidak dapat hadir, sehingga suaranya disampaikan kepada penerima kuasa yaitu Direktur Sumber Daya Manusia Ditjen Diktiristek Dr. Muhammad Sofwan Efendi.

Baca juga: 21 persen mahasiswa USK angkatan 2021 dapat beasiswa KIP-Kuliah

Baca juga: Rektor USK minta polisi usut pembuat ijazah palsu dokter gadungan PSS


Abubakar juga menyampaikan terima kasih kepada anggota Senat USK yang telah bersedia hadir, dan menggunakan hak suaranya dengan penuh integritas.

“Alhamdulillah, seluruh proses pemilihan Rektor ini telah berjalan lancar. Hasilnya, Prof. Marwan terpilih sebagai Rektor USK selanjutnya,” kata Abubakar.

Selanjutnya, hasil pemilihan ini akan disampaikan kepada pihak Kementerian untuk dapat persetujuan dan pengangkatan sebagai Rektor terpilih.

Rektor USK Prof Samsul Rizal yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan selamat kepada Prof. Marwan, yang telah dipercaya untuk melanjutkan estafet kepemimpinnya.

Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Senat USK, yang telah melaksanakan proses pemilihan Rektor ini dengan baik dalam lima bulan terakhir ini.

Rektor juga mengajak seluruh anggota Senat serta tiga calon rektor USK untuk kembali mengeratkan semangat kebersamaan untuk kemajuan USK selanjutnya.

“Kita patut bersyukur seluruh proses pemilihan ini berjalan lancar dan tidak ada gesekan. Walaupun pilihan kita berbeda, namun, kita masih dalam satu semangat bersama,” kata Rektor.*

Baca juga: Mahasiswa USK Banda Aceh sabet juara nasional KMI Award 2021

Baca juga: Anggota DPR minta USK Banda Aceh kembalikan status dosen Saiful Mahdi


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022