Denpasar (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong agar perusahaan produksi kendaraan bermotor untuk menggunakan bahan ramah lingkungan yakni berbasis motor listrik.

"Saya mendukung dan mendorong para perusahaan kendaraan bermotor menggunakan sistem motor yang ramah lingkungan," ujar Menhub Budi Karya Sumadi pada jumpa pers bertema "Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Provinsi Bali menuju G20" di Nusa Dua-Bali, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya mendorong juga penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan atau motor listrik sebagai komitmen dukungan terhadap pemerintah untuk mengurangi emisi gas karbon.

"Bali sebagai tempat penyelenggaraan KTT G20 pada tahun ini diharapkan menjadi salah satu percontohan penggunaan kendaraan listrik," katanya.

Baca juga: Menhub apresiasi kolaborasi ekosistem kendaraan listrik di Bali

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta mengatakan dengan ditunjuknya Bali sebagai lokasi penyelenggaraan KTT G20, berharap kerja sama antara ITS Indonesia dan WRI Indonesia berkontribusi dalam mengembangkan kerja sama antara pemerintah, dunia bisnis dan akademisi, untuk mempercepat pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Bali.

Ia mengatakan langkah ini akan mendukung pengembangan Bali sebagai hub pariwisata termasuk mendorong tumbuhnya industri untuk penyiapan energi bersih dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Armada listrik yang disediakan Grab Indonesia juga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk mencoba kendaraan listrik yang nantinya akan dapat mentransformasikan kebiasaan penggunaan kendaraan dengan penggerak motor bakar menjadi pengguna KBLBB," ujarnya.

Baca juga: Menhub minta pemda hingga kementerian gunakan kendaraan listrik
 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022