Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyempatkan diri memborong beraneka ragam hasil laut saat berziarah ke Pulau Cangkir di Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres), Ma’ruf Amin dengan didampingi Wury Estu Handayani melakukan olahraga pagi dan menyapa sejumlah pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kronjo.

"Assalamualaikum, Bapak dan Ibu. Bagaimana kabarnya?" sapa Wapres kepada para pedagang.

Para pedagang, nelayan dan warga setempat pun membalas sapaan sembari bercengkerama singkat dengan Wapres.

Beberapa jenis ikan dan hasil laut yang dibeli Wapres antara lain bandeng, kakap merah, cumi-cumi dan kerang. Wapres juga memborong ikan asin berupa jambat, peda merah, peda putih, teri dan cumi asin.

Pulau Cangkir merupakan daerah wisata ziarah dengan luas 4,5 hektare dan berbentuk seperti cangkir jika dilihat dari atas. Di Pulau tersebut terdapat makam salah satu ulama besar asal Banten, yakni Syekh Waliyuddin atau Pangeran Jaga Lautan.

Pulau yang berjarak sekitar 25 Km dari Kota Tangerang tersebut merupakan daratan terpisah dari Pulau Jawa. Pada 1995, masyarakat setempat membangun jalan penghubung untuk memudahkan para peziarah menuju Pulau Cangkir tersebut.

Selain berziarah, masyarakat umumnya juga mendatangi Pulau Cangkir untuk berwisata menikmati pemandangan alam berupa hutan bakau yang berada di sepanjang jalur menuju Pulau tersebut.

Baca juga: Wapres dukung Mario Suryo Aji di Moto3 GP 2022
Baca juga: Wapres sebut Bank Muamalat sudah sehat


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022