Banjarmasin (ANTARA) - Para siswa lulusan SMA sederajat yang memiliki keahlian kaligrafi dan stand up comedy bisa masuk ke Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) pada tahun akademik 2022/2023 melalui jalur prestasi.

"Tentunya dibuktikan dengan prestasi juara di ajang tersebut," ujar Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan Poliban Kalimantan Selatan Nurhidayati di Banjarmasin, Minggu. Menurut dia, keduanya merupakan jalur prestasi di bidang seni, dimana Poliban memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi di bidang seni untuk masuk lewat jalur prestasi yang sudah dibuka pendaftarannya pada 3 Januari hingga 28 Januari 2022.

Baca juga: Poliban Kalsel tambah kuota mahasiswa baru jadi 1.560 pada 2022

"Silahkan mendaftar secara daring melalui http://pmb.poliban.ac.id, lampirkan sertifikat prestasinya," papar Nurhidayati. Selain jalur prestasi seni, Poliban juga memberikan keistimewaan bagi siswa yang berprestasi di bidang olahraga.

Prestasi yang diraih itu harus memenuhi persyaratan, jika di tingkat nasional minimal meraih juara harapan dua, jika tingkat regional minimal juara tiga dan di tingkat provinsi minimal juara dua dan di tingkat kabupaten/kota harus juara satu. "Kita buka kesempatan 10 persen dari kuota mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2022 sebanyak 1.560 orang," katanya.

Ia mengatakan semua pendaftar untuk jalur prestasi ini akan mengikuti wawancara pada 1-3 Februari 2022. "Calon mahasiswa yang diterima akan diumumkan pada 8 Februari 2022 melalui laman Poliban," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel dukung Menara Vokasi 2021 yang disematkan Poliban

Baca juga: Poliban masukkan enam prodi setara S1 pada SBMPTN
Dia menyampaikan bahwa jalur prestasi bagi lulusan SMK/SMA/MA sederajat tanpa melalui tes seleksi tertulis. "Bisa masuk pada seluruh program studi yang diminati. Jadi, mari bergabung dengan Poliban untuk yang terbaik, bersama pendidikan tinggi vokasi mengukir prestasi anak bangsa, pasti bisa," ujarnya.

Poliban memiliki 19 program studi (Prodi), 13 Prodi D3 dan 6 Prodi Sarjana Terapan (D4) pada lima jurusan.

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022