Mangrove ini adalah salah satu tanaman yang mengeluarkan penghasil oksigen cukup tinggi dibanding tanaman lain
Badung (ANTARA) - Sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-49 dengan melakukan sejumlah kegiatan seperti melakukan penanaman bibit pohon mangrove di wilayah Kabupaten Badung, Bali, Minggu.

Penanaman bibit mangrove itu dilakukan di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, yang juga dihadiri Ketua DPP PDIP bidang Kebudayaan Tri Rismaharini.

Baca juga: PDIP berkomitmen dalam penanganan perubahan iklim di Tanah Air

"Kami hari ini merayakan hari ulang tahun Ketua Umum kami Ibu Megawati Soekarnoputri dan HUT ke-49 PDIP. Kegiatan yang kami lakukan adalah bagaimana sustainable pembangunan bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan karena kondisi bumi ini terawat. Ini tujuan kami untuk mengadakan kegiatan upaya pelestarian lingkungan," ujar Tri Rismaharini, Minggu.

Ia mengatakan, mangrove ditanam karena memiliki berbagai fungsi yang didapatkan seperti dapat menahan abrasi, menahan kecepatan angin karena memiliki akar yang kuat serta fungsi penghijauan yang dapat meningkatkan oksigen.

Baca juga: Menteri LHK: Rehabilitasi mangrove dilakukan lewat kebijakan majemuk

"Mangrove ini adalah salah satu tanaman yang mengeluarkan penghasil oksigen cukup tinggi dibanding tanaman lain. Itu sangat berpengaruh pada kualitas oksigen kita," katanya.

Tri Rismaharini menambahkan dengan melakukan upaya merawat bumi, maka diharapkan keberlangsungan kehidupan manusia akan semakin terjaga.

"Kita menanam mangrove dan saya sudah membuktikan manfaatnya. Kami pernah menanam mangrove di Surabaya, yang dulunya selalu terkena banjir rob sekarang ini sudah tidak ada banjir di kawasan pantai timur Surabaya karena kami menanam mangrove," ungkapnya.

Baca juga: Kepala BRGM optimistis capai target rehabilitasi mangrove pada 2024

Kegiatan penanaman bibit mangrove di Badung itu merupakan rangkaian dari penanaman sekitar 21.000 bibit pohon mangrove dan cemara udang di berbagai wilayah Bali seperti Buleleng, Badung, Klungkung, Jembrana, dan Denpasar dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun PDIP.

Penanaman pohon di wilayah Kabupaten Buleleng dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto serta Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster.

Sementara kegiatan penanaman pohon di wilayah Kota Denpasar dihadiri oleh Ketua DPP PDIP bidang Hukum, HAM dan Perundang-Undangan Yasonna Laoly bersama Anggota DPR Krisdayanti.

Baca juga: BRGM : Strategi rehabilitasi mangrove untuk sejahterakan masyarakat

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022