Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada mengatakan bahwa kekalahan dengan skor 0-18 dari Australia pada laga Grup B Piala Asia 2022, India, Jumat, memberikan banyak pelajaran untuk skuadnya.

"Kami banyak mengambil pelajaran terutama soal bagaimana kami harus membangun sepak bola putri Indonesia," ujar Rudy dalam konferensi pers virtual sesudah pertandingan yang diikuti di Jakarta.

Juru taktik berumur 39 tahun itu mengakui ada perbedaan kualitas yang besar antara timnas putri Indonesia dan Australia.

Australia, dengan pemain-pemainnya yang merumput di Eropa termasuk pemain terbaik kedua dunia FIFA 2021 Samantha Kerr, mampu menunjukkan kelas mereka di lapangan.

Baca juga: Lima gol Sam Kerr bawa Australia kalahkan Indonesia 18-0

Skuad berjuluk "Matildas" memperlihatkan kepada Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan soal cara mengendalikan permainan, mengambil keputusan dengan singkat seperti kapan harus mengoper, menggiring atau menahan bola.

"Pemain Australia bermain di liga-liga Eropa, sedangkan Indonesia baru memulai liga putri dua tahun lalu dan itu pun terhenti karena pandemi COVID-19. Saya berharap setelah ini kami harus membangun sepak bola putri jauh lebih baik," tutur Rudy.

Selain adanya jarak kualitas yang jauh, kekalahan Indonesia dianggap Rudy terjadi lantaran para pemainnya kehilangan konsentrasi.

"Australia menekan kami sejak awal laga dan akhirnya, setelah menit kedelapan, mereka berhasil mencetak gol. Dari sana, pemain kami kehilangan konsentrasi," kata dia.

Baca juga: Indonesia cadangkan Shalika sementara Australia turunkan Sam Kerr

Indonesia kalah 0-18 dari Australia pada laga Grup B Piala Asia 2022 di Stadion Mumbai Football Arena, Mumbai, India, Jumat (21/1).

Lima gol Australia dilesakkan oleh Samantha Kerr. Selain melalui Sam Kerr, Australia mendulang gol demi gol via Caitlin Foord, Mary Folwer, Hayley Raso (dua gol), Ellie Carpenter (dua gol), Emily van Egmond (tiga gol), Tameka Yallop, Kyah Simon, Aivi Luik serta bunuh diri Shalika Aurelia.

Hasil tersebut membuat Indonesia berada di dasar klasemen Grup B. Posisi pertama dihuni Australia, disusul Filipina, Thailand dan Indonesia. Filipina sendiri menundukkan Thailand dengan skor 1-0 pada Jumat (21/1).

Baca juga: Australia waspadai motivasi Indonesia jelang laga Piala Asia Putri
Baca juga: Pelatih: jangan bebani timnas putri dengan harapan di Piala Asia 2022

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022