Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung upaya pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang masih terisolir di Indonesia.

"DPR RI akan terus mendukung dan mendorong pemerintah pusat maupun daerah agar memerhatikan dan segera menghadirkan solusi bagi wilayah-wilayah di Indonesia yang masih terisolir,” kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Puan saat meresmikan Jembatan Gantung Girpasang di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Jembatan tersebut membuka akses untuk desa yang selama ini cukup terisolir.

"Di atas kertas, mungkin Jembatan Gantung Girpasang terlihat sederhana, tetapi jembatan dengan panjang 120 meter ini menjadi simbol komitmen kita," jelas Puan.

Jembatan Gantung Girpasang menghubungkan Desa Ngringin dan Desa Girpasang. Dusun Girpasang yang dihuni 12 keluarga dengan penduduk 34 jiwa ini sebelumnya merupakan desa terisolir yang dikelilingi oleh dua buah lembah yang biasa disebut jurang pakis.

Baca juga: Puan bagi puluhan kaos saat kunjungi Pasar Legi Solo

Baca juga: Ketua DPR resmikan Rumah Susun Ponpes Al Quran Azzayadiy


Salah satu akses untuk keluar dari Dusun Girpasang harus dilalui dengan berjalan kaki berupa setapak naik-turun jurang yang kedalamannya sekitar 150 meter dengan 1.001 anak tangga. Sebelum terbangunnya jembatan ini, masyarakat Girpasang memanfaatkan alat transportasi berupa gondola sederhana dengan alat penariknya adalah mesin motor yang diperuntukkan sebagai alat pengangkut pakan ternak maupun hasil bumi penduduk setempat.

"Komitmen bahwa di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak boleh ada desa atau wilayah yang terisolir, termasuk Desa Girpasang," ucap Puan menegaskan.

Puan berharap masyarakat setempat harus memanfaatkan Jembatan Gantung Girpasang untuk meningkatkan kesejahteraan, salah satunya dengan mengembangkan usaha pariwisata.

"Jembatan Gantung Girpasang ini Alhamdulillah bukan hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga sudah mulai mampu menarik wisatawan. Momentum ini perlu dimaksimalkan dengan membangun wilayah sekitar agar menjadi tempat wisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal," ujar Puan berharap.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022