Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Jawa Barat yang tergabung dalam relawan Barisan Erick Thohir (BARET) mendeklarasikan dukungan terhadap Erick Thohir untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum BARET, Bagus Machdiantoro mengatakan, deklarasi dukungan terhadap Erick Thohir ini berangkat dari panggilan hati nurani komunitas masyarakat di Jawa Barat, yang memiliki harapan agar Indonesia dipimpin oleh sosok berjiwa muda, mempunyai kredibilitas tinggi, visioner, tegas serta berani melawan praktik korupsi.

"Profil tersebut ada dalam diri Erick Thohir. Ia merupakan sosok yang dapat meneruskan langkah perjuangan dan pembangunan Presiden Joko Widodo," kata Bagus Machdiantoro dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis.

Menurut dia, sangat disayangkan jika pembangunan yang sudah baik ini tidak dilanjutkan oleh pemimpin yang tepat.

Menurut Bagus, ilmu, pengalaman serta pemahaman Erick dalam memimpin Kementerian BUMN telah melalui perjalanan dan ujian sangat panjang. Terbukti sejak awal memimpin, Erick melakukan "bersih-bersih" di BUMN.

Ketegasan Erick Thohir dalam memerangi korupsi, kata dia, sudah dibuktikan sejak awal memimpin dan masih terus sampai sekarang. "Misalnya, Erick melaporkan dugaan kasus korupsi di BUMN Garuda Indonesia beserta buktinya kepada Kejaksaan Agung," ujarnya saat deklarasi di Kota Bandung, Rabu (19/1).

Baca juga: Erick Thohir dapat dukungan jadi Capres 2024 dari relawan di Ciamis
Baca juga: Erick Thohir menerima kembali dukungan sukarelawan maju capres 2024


Tekad Erick Thohir mentransformasi BUMN diwujudkan dengan memperluas manfaat dari BUMN untuk rakyat. "Sekarang BUMN bukan lagi ibarat menara gading yang tak tersentuh rakyat, tetapi Erick telah membuatnya sebagai kolaborator atau mitra bagi rakyat," ujarnya.

Erick membuka peluang seluasnya bagi UMKM Indonesia sebagai mitra pengadaan barang dan jasa melalui program PaDI (Pasar Digital) UMKM sehingga usaha rakyat dapat bermitra dengan BUMN dan maju bersama.

Erick juga membuat program minyak goreng murah bersama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) untuk meringankan beban masyarakat.

"Erick juga membantu pendidikan serta lingkungan. Bahkan tekad membangun negeri dengan 'akhlak' diperkuat Erick melalui pondok pesantren. Di banyak kesempatan, Erick menyampaikan bahwa baginya pesantren adalah mercusuar peradaban," ujarnya.

Bagus mengatakan, jaringan BARET telah tersebar di 19 kota dan kabupaten di Jawa Barat, dengan jumlah anggota relawan lebih dari 30.000 orang.

Setelah deklarasi ini, komunitas Baret akan langsung bergerak melakukan sosialisasi hingga ke pelosok daerah di Jawa Barat, sehingga bisa mengantarkan dan menyukseskan pencalonan Erick Tohir pada Pilpres 2024.
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022