Yogyakarta (ANTARA News) - Indonesian Corruption Watch (ICW) memperoleh "UII Award" dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta karena dinilai konsisten mengawal kasus tindak pidana korupsi sampai tuntas.

Penghargaan itu diserahkan oleh Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII) Edy Suandi Hamid kepada Koordinator Badan Pekerja Indonesian Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko, pada Milad ke-68 UII di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Edy, "UII Award" tahun ini diberikan kepada ICW karena berkontribusi membuka kasus korupsi di Indonesia. Penghargaan itu untuk pertama kalinya diberikan kepada institusi.

"Selama ini 'UII Award' selalu diberikan kepada tokoh, seperti Baharuddin Loppa, Amien Rais, dan Mahfud MD, tetapi tahun ini diberikan kepada institusi yang peduli pada pemberantasan korupsi," katanya.

Ia mengatakan, pemberian "UII Award" kepada institusi yang peduli pada pemberantasan korupsi itu sesuai dengan kepedulian UII terhadap persoalan di Indonesia karena korupsi menjadi musuh bersama.

"Kasus korupsi yang diungkap ICW selalu dilandasi penelitian sehingga berjalan efektif," katanya.

Danang Widoyoko mengatakan, penghargaan itu menjadi harapan baru bagi pemberantasan korupsi. Penghargaan itu merupakan bentuk dukungan dari kalangan kampus.

"Penghargaan itu membuktikan bahwa kami ternyata tidak sendiri dalam upaya pemberanasan korupsi, sehingga kami semakin optimistis korupsi dapat diberantas dari bumi pertiwi," katanya.
(L.B015*H010/F002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011