Jakarta (ANTARA) - Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Forum Rektor Indonesia (FRI) menjalin kerja sama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pengkajian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kami sepakat berkolaborasi meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengembangan, pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Pelaksana Tugas Deputi Sumber Daya Manusia Iptek BRIN Edy Giri Rachman Putra dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Kerja sama itu diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman di antara kedua pihak tentang pendidikan, penelitian, pengembangan, pengkajian, dan pengabdian masyarakat.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Deputi Sumber Daya Manusia Iptek BRIN Edy Giri Rachman Putra dan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2021-2022 Panut Mulyono.

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi penelitian, pengembangan dan pengkajian iptek, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pertemuan ilmiah, seminar dan publikasi, program dukungan riset untuk mahasiswa tingkat akhir serta pengabdian kepada masyarakat.

Proses penandatangan nota kesepahaman itu juga disaksikan oleh perwakilan Biro Hukum dan Kerja Sama kawasan Jawa Timur dan anggota FRI.

Diharapkan melalui kerja sama tersebut, kualitas sumber daya periset semakin meningkat dan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Huawei perkuat kerja sama dengan BRIN untuk dukung Stranas AI
Baca juga: BRIN promosikan energi nuklir Indonesia di forum internasional
Baca juga: BRIN: Komersialisasi PLTP Modular ditargetkan pada 2025

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022