Tahun ini sesuai persetujuan ratas (rapat terbatas) maka bunga KUR juga 3 persen selama enam bulan, sisanya disiapkan oleh Bu Menkeu.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 3 persen resmi dilanjutkan pada tahun 2022 ini.

"Tahun ini sesuai persetujuan ratas (rapat terbatas) maka bunga KUR juga 3 persen selama enam bulan, sisanya disiapkan oleh Bu Menkeu," kata Airlangga dalam penyerahan Penghargaan KUR 2021 yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Ia pun meminta  sosialisasi terkait KUR digencarkan karena saat mengunjungi beberapa daerah ia masih menemukan masyarakat yang tidak mengetahui bahwa bunga KUR hanya 6 persen dan setengahnya disubsidi oleh pemerintah.

Baca juga: Kemenko: Penyaluran KUR capai Rp281,86 triliun pada 2021

"Dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) tahun lalu sebesar Rp744 triliun untuk UMKM dan KUR disiapkan sebesar Rp162,4 triliun. Yang kami lihat saat kami ke daerah tidak semua masyarakat tahu bahwa bunga KUR itu 6 persen dan pemerintah mensubsidi 3 persen lagi sejak tahun kemarin," ucapnya.

Pada tahun 2022 pemerintah pun meningkatkan plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun yang diharapkan bisa memotivasi UMKM untuk memanfaatkannya agar dapat pulih dari dampak COVID-19.

Pemerintah juga terus melengkapi data UMKM dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) KUR.

Ke depan Airlangga mengatakan  juga akan mendorong penyaluran KUR sektor perkebunan untuk lebih baik lagi agar dapat digunakan untuk menanam dan meremajakan tanaman kelapa sawit sebagaimana diharapkan.

Baca juga: Anggota DPR: Hindari jerat pinjaman "online" dengan KUR

Pemerintah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat yang menjadi pemerintah provinsi terbaik pendukung KUR 2021.

Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Purworejo, Klaten, dan Pacitan di Pulau Jawa dan pemerintah Kabupaten Bintang, Maluku, dan Mesuji di luar Pulau Jawa yang menjadi pemerintah kabupaten terbaik dalam mendukung program KUR.

Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, Asuransi Kredit Indonesia, dan Jaminan kredit Indonesia sebagai penjamin KUR terbaik di 2021.

Penghargaan juga diberikan kepada penyalur KUR lembaga keuangan bukan bank terbaik yakni Koperasi Guna Prima Dana.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk menjadi bank penyalur KUR terbaik 2021. Sementara Bank BPD Bali, Bank Jateng, dan Bank BJB menjadi bank daerah penyalur KUR terbaik 2021.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022