Jakarta (ANTARA) - Seniman Taiwan Sandy Lo bersama dengan Gudskul studi kolektif Jakarta.menggagas pameran seni rupa Ring Project: "Metaphors About Islands".

Pameran seni rupa Ring Project: "Metaphors About Islands" itu diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia di Jakarta pada 7-21 Januari 2022, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebanyak 41 seniman dan kolektif seni dari berbagai negara ikut serta dalam proyek ini.

Selain dari Taiwan dan Indonesia, peserta lain berasal dari Kamboja, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Thailand, Nepal, India. Para seniman dari Asia ini menampilkan 20 instalasi seni dalam pameran.

Wakil Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) Chen Sheng Peng yang mewakili Kepala TETO John Chen mengunjungi pameran pada Selasa ( 11/1), ditemani kurator Taiwan Sandy Lo, melihat instalasi seni Taiwan yang ditampilkan diantaranya "My Heart is an Island" Rahic Talif dan VOLUME ESCAPE, " Linking" oleh Yuma Taru dan KOMUNITAS KAHE.

Kemudian "keyeup bodas kingdom" oleh PRFRMNC.RAR, "Future Alchemy", kolaborasi antara HOU I-Ting dan It's In Your Hands Collective, karya kreatif Zhang Xu-Zhan dan pink.ink "Hoodwink", kolaborasi antara Lin Yi-Chi, Blanco Benz Altrelier dan Studio Malya "Island Echoes", dan karya "Force Majeure! " oleh Lightbox Library beserta SOKONG! dan RAWS SYNDICATE (RAWS SNDCT).

Fokus utama dalam pameran " Metaphor About Islands" ini adalah adalah dunia dilanda oleh dampak pandemi COVID-19, yang telah memperparah kesenjangan antara orang kaya dan kaum miskin di dunia semakin melebar.

Selain itu persaingan internasional dan geopolitik telah meluas ke dunia maya dan industri luar angkasa. Bencana yang disebabkan oleh iklim telah menyebar ke seluruh dunia, sehingga dunia lebih terdesak untuk memperhatikan masalah lingkungan dan ekologi.

Pameran Jakarta Biennale 2021 Internasional kali ini adalah pameran yang terbesar diadakan di Indonesia. Pameran mulai dari 7-21 Januari 2022 di Museum Nasional Indonesia (Ruang Sanken)

Baca juga: Duta pemuda Taiwan-Fatayat kolaborasi di pentas seni
Baca juga: Pentas Seni TKI Disambut Warga Taiwan


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022