Sudah masuk pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi. Kita telah mencapai progres kumulatif 93,85 persen, jadi sudah hampir selesai
Jakarta (ANTARA) - Progres pekerjaan pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Tanjung Priok Jakarta Utara sudah mencapai 93,85 persen hingga Jumat tanggal 7 Januari 2022.

"Sudah masuk pekan ke-123 pelaksanaan konstruksi. Kita telah mencapai progres kumulatif sebesar 93,85 persen, jadi sudah hampir selesai," kata Manajer Proyek JIS, Arry Wibowo, dalam konferensi pers di ruang konferensi JIS, Jumat.

Menurut Arry, pihaknya saat ini masih meneruskan pekerjaan di bagian stadion utama atau main stadium yang dimulai dari bagian atap.

"Saat ini sedang melakukan penyelesaian pekerjaan atap membran ETFE yang merupakan atap transparan setelah sebelumnya dipasang atap "metal sheet" terlebih dahulu," katanya.

Arry menjelaskan, JIS memiliki fitur atap buka tutup, dan saat ini sedang dikerjakan untuk proses instalasi frame atau rangka atap buka-tutupnya. 

Harapannya, kata dia, nanti pekerjaan ini semua selesai, terinstall dengan baik, semua sistem bisa dilakukan pengujian, dan bisa difungsikan pada pertengahan Maret 2022. "Targetnya sudah bisa bekerja, dan untuk mesin sudah naik," ucapnya.

Pekerjaan lainnya yang sedang dikerjakan saat ini, menurut Arry, sedang menyelesaikan fasad di sisi barat, dan di tengah lapangan dilakukan proses penyelesaian lapangan utama.

Untuk area tribun, hingga saat ini sudah terpasang 30 ribuan kursi tribun regular baik itu tier 1, tier 2, dan tier 3, dengan target pada Februari 2022, instalasi kursi penonton sudah selesai 100 persen.

Untuk pengerjaan fasilitas, seperti lampu dan "professional sound system" yang mendukung stadion sudah selesai, sementara papan scoring board LED monitor satu dari dua bagian sudah selesai. "Telah diuji coba dan berfungsi dengan baik," katanya.

Adapun ruang-ruang pendukung pertandingan seperti ruang ganti pemain, fasilitas VIP, VVIP, termasuk ruang "press conference room" sudah selesai 100 persen.

Kemudian beberapa sisa pekerjaan lain adalah perapihan area interior dari lantai 1-9, ada beberapa bagian yang perlu kita rapikan.

"Jadi sisa pekerjaan enam koma sekian persen itu untuk menyelesaikan beberapa item yang tadi sudah saya sampaikan yang masih dalam pengerjaan," ucapnya.

Sebagian besar pekerjaan itu, ditargetkan bisa selesai pada Februari 2022, bertepatan dengan "soft launching" untuk kejuaraan "international youth championship" pada 5-12 Februari 2022.

Baca juga: PLN bangun gardu khusus untuk pasok listrik 5,54 MVA ke JIS
Baca juga: Jakpro buka kesempatan masyarakat berkunjung ke JIS hingga 26 Maret
Baca juga: Gubernur DKI ajak Jakmania kampanyekan naik transportasi umum ke JIS

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022