Lokasi tanah di sekitar Tunnel 2 sedikit lempung, tapi itu dapat diatasi dengan baik
Purwakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau pengerjaan terowongan (Tunnel 2) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu.

"Lokasi tanah di sekitar Tunnel 2 sedikit lempung, tapi itu dapat diatasi dengan baik," kata Menko Luhut Pandjaitan, di Purwakarta, Rabu.

Sebelum meninjau terowongan, Menko Luhut  terlebih dahulu mendengarkan paparan dari pihak pengembang proyek strategis nasional tersebut.

Ia mengatakan sesuai dengan penjelasan ahli masalah kondisi tanah yang lempung itu bisa teratasi. Bahkan penyelesaian terowongan itu ditargetkan selesai pada April 2022.

Baca juga: Luhut apresiasi tembusnya terowongan Proyek Kereta Cepat

Sebelumnya Menko Luhut menduga kalau struktur tanah di lokasi proyek banyak tanah lempung yang dapat mengganggu proyek. Namun ternyata kondisi saat ini semakin baik dan terus dikerjakan ke dalam, karena di atas sudah di bor juga dicor bahan beton.

"Menurut ahli-ahli, ini bisa menahan goyangan," kata Menko Luhut Pandjaitan.

Dalam kunjungannya itu Menko Luhut menggunakan kereta api dan transit di Stasiun Ciganea, Purwakarta. Hadir pada peninjauan tersebut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkopimda Purwakarta. 

Baca juga: Luhut tinjau Kereta Cepat Jakarta-Bandung,pastikan proyek rampung 2022

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022