Tasikmalaya (ANTARA) - Sebanyak delapan rumah rusak akibat diterjang angin kencang dan tertimpa pohon tumbang saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa.

Penata Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda membenarkan hujan deras mengguyur wilayah Tasikmalaya sekitar pukul 14.30 WIB menyebabkan rumah warga rusak di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu.

"Ada delapan rumah yang rusak, rata-rata rusak sedang karena atapnya tertiup angin dan tertimpa pohon," kata Erik.

Ia menuturkan wilayah Kota Tasikmalaya dilanda hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah warga.

Baca juga: Puting beliung rusak puluhan rumah di Tasikmalaya

Baca juga: 26 rumah rusak akibat angin puting beliung


Petugas gabungan dibantu masyarakat setempat, kata dia, sudah memotong batang pohon tumbang yang menimpa rumah agar penghuninya aman dan kembali menempati rumahnya.

Selain itu, pemerintah menyiapkan plastik terpal untuk menutupi rumah warga yang bagian atapnya jebol agar hujan tidak masuk ke rumah.

"Kami juga mengirim terpal ke rumah-rumah yang terdampak," katanya.

Seorang warga yang rumahnya rusak, Iyan mengaku hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang menimpa atap rumah, akibatnya tidak bisa lagi ditempati.

"Atapnya jebol, rusak semua, tidak bisa ditempati," katanya.

Iyan bersama anggota keluarganya akan tinggal sementara di rumah orang tuanya sambil menunggu rumahnya selesai diperbaiki.*

Baca juga: Tenda "Tasik Festifal" Roboh Diterpa Puting Beliung

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022