Indonesia perlu meningkatkan pengembangan industri dengan diiringi peningkatan kualitas SDM. Karena sudah saatnya kita menuju kedaulatan industri
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan bahwa kerja sama industri dengan negara lain dapat dijadikan jalan untuk mempertegas kedaulatan industri Indonesia.

"Indonesia perlu meningkatkan pengembangan industri dengan diiringi peningkatan kualitas SDM. Karena sudah saatnya kita menuju kedaulatan industri," kata LaNyalla lewat keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan  pemerintah dapat membuka dan memperkuat kerja sama dengan negara-negara yang maju di bidang industri seperti Jepang, Korea, dan lainnya.

"Seperti jalinan kerja sama Indonesia - Jepang terkait pengembangan industri, diharapkan dipelajari seutuhnya. Karena, kita berharap suatu saat Indonesia mampu mengembangkan sendiri industri yang ada," ujar LaNyalla.

LaNyalla mengatakan proyek kerja sama teknis yang rencananya melibatkan berbagai institusi mitra Negeri Matahari Terbit, seperti Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Ministry of Economy Trade and Industry (METI) Jepang, harus dimanfaatkan dengan baik.

"Kerja sama ini kita harapkan menjadi langkah teknis bagi Indonesia untuk memberdayakan segala potensi terutama potensi SDM," ujarnya.

Diketahui, Jepang dikabarkan tertarik memperkuat kerja sama dengan mengusulkan Asian Japan Investing for the Future Initiative (AJIF).

Cakupan area kerja sama antara lain terkait diversifikasi rantai pasok, perkenalan pengembangan dan pemanfaatan teknologi energi terbarukan, sistem manajemen energi, serta kolaborasi studi kelayakan untuk infrastruktur berkualitas.

Selain itu, penerapan teknologi digital pada seluruh lapisan masyarakat, dan pengembangan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kapasitas pemanfaatan teknologi digital juga menjadi bagian.

Indonesia sendiri menawarkan implementasi industri 4.0 melalui program New Manufacturing Industry Development Center (MIDEC).

Baca juga: Ketua DPD: Pengembangan UMKM perlu dioptimalkan, khususnya pembiayaan
Baca juga: Ketua DPD: Rakyat harus diberi kesempatan kelola SDA melalui koperasi
Baca juga: Peluang Indonesia menjadi pemain global industri baterai tertunda


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022