Jakarta (ANTARA) - Country Head Rumah.com Marine Novita memperkirakan terdapat tiga wilayah atau area prospektif properti yakni Tangerang Raya, Kota Bogor, dan Kabupaten Gresik, yang menjadi incaran konsumen pada tahun ini.

"Ada tiga area atau wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen pada tahun 2022 yakni Tangerang Raya, Kota Bogor, dan Kabupaten Gresik," ujar Marine Novita dalam diskusi daring di Jakarta, Senin malam.

Tangerang Raya menjadi incaran karena banyak sekali pembangunan infrastruktur yang terkait dengan transportasi. Menurut dia, Cipondoh dan Karang Tengah menjadi dua area yang paling prospektif di Kota Tangerang. Pada Kuartal III 2021, lanjut dia, harga properti di Cipondoh naik sekitar 20 persen secara tahunan, sementara di Karang Tengah naik sebesar 41 persen secara tahunan.

Kedua wilayah ini memiliki fasilitas umum yang lengkap dan beragam pilihan akses transportasi baik umum maupun pribadi. Selain itu Cipondoh dan Karang Tengah juga berdekatan dengan Jakarta Barat sehingga masyarakat bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang berada di Jakarta Barat.

"Jadi yang paling tren itu adalah wilayah Cipondoh dan Karang Tengah," kata Marine Novita.

Baca juga: Meski IKN pindah, Jakarta tetap menarik jadi kota komersial dan bisnis

Sedangkan Kota Bogor mencuri perhatian konsumen pada 2021 seiring naiknya tren pencarian sebanyak 21,8 persen, meski harga properti di wilayah ini cenderung stagnan namun suplai atau ketersediaan propertinya tumbuh banyak.

"Tentunya situasi tersebut dipengaruhi oleh harga yang cenderung stagnan sehingga dinilai lebih menguntungkan dari sisi konsumen untuk segera membeli properti di Kota Bogor," kata Marine Novita. 

Selain itu, lanjutnya, fasilitas transportasi di Kota Bogor banyak dan beragam. 

"Wilayah terakhir yang akan menjadi incaran konsumen pada tahun ini adalah Kabupaten Gresik, sebagaimana diketahui di wilayah itu terdapat tiga ruas jalan tol yang terhubung dengan Trans Jawa," ujar Marine Novita.

Di Kabupaten Gresik juga, kata dia, terdapat kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate, kawasan industri besar yang benar-benar menarik investor dan pekerja sehingga membutuhkan rumah.

"Jadi ini adalah salah satu daerah yang kita lihat akan menjadi incaran konsumen di tahun 2022," katanya.

Baca juga: Properti diprediksi masih jadi investasi unggulan pada 2022

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022