Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan akan menyemarakkan Hari Ulang Tahunnya (HUT) Ke-49 dengan menggelar sejumlah agenda hingga Mei 2022.

"Sebagai perwujudan tema 'Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya', kami akan menggelar sejumlah agenda dalam semarak HUT ke-49 hingga Mei 2022," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat konferensi pers usai Peringatan HUT PDIP secara daring, Jakarta, Senin.
 
Agenda itu, diantaranya mencanangkan gerakan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) yang targetnya adalah anak muda hingga masyarakat yang sudah 55 tahun ke bawah untuk bisa ikut senam.
 
"Membangun tradisi sehat dengan senam Sicita ini dibuat bekerja sama dengan beberapa sahabat dari Universitas Negeri Jakarta yang memang dikenal kepiawaiannya dalam olah raga, dalam sports sains, dan kemudian juga didukung oleh Prof Komarudin," katanya.
 
Senam Sicita itu, kata dia, memiliki gerakan-gerakan yang sudah diteliti khasiatnya, seperti mampu membakar 1000 kalori.

Baca juga: Hasto: Sapaan Megawati ke Ahok tak ada hubungannya dengan Pilkada
 
"Ini penting termasuk bagi politisi menjaga kebugaran tubuhnya," ujar Hasto.
 
Bersamaan dengan senam Sicita itu, Hasto menyebut akan dilakukan juga gerakan menanam 10 jenis tanaman pangan pendamping beras.

Selain itu, ada agenda minum jamu tradisional yang akan didorong, sehingga itu berbagai bentuk tradisi yang hidup di tengah masyarakat.
 
PDIP juga akan mengadakan festival kopi tanah air yang penuh makna filosofis. Festival kopi tanah air akan digelar selama tiga hari dan puncaknya pada 11 Maret bertepatan dengan Hari Kopi Nasional.
 
"Jadi pada tanggal 11 Maret, kita akan tampilkan keanekaragaman kopi nusantara yang luar biasa, dan nanti kita akan capai rekor MURI minum kopi secara serentak di seluruh tanah air," jelas Hasto.

Baca juga: Hasto klaim banyak kader PDIP siap didukung untuk Pilkada DKI Jakarta
 
Politikus asal Yogyakarta ini juga mengatakan dalam festival kopi ini juga ada makna filosofis dimana minum kopi dilakukan tanpa campuran gula, sehingga baik untuk tubuh.
 
"Karena dengan kopi tanpa gula esensi pahit itu bagian dari seni kehidupan, karena jadi politisi kadang-kadang menghadapi pahitnya kehidupan, bukan manisnya gula tapi pahitnya membawa aroma, membawa semangat," tuturnya.
 
Selain itu, kegiatan juga akan dimeriahkan acara Banteng Ride and Run Night yang juga diharapkan mencapai rekor MURI. Acara ini akan diikuti para pecinta sepeda dan menampilkan sepeda onthel, sepeda road bike, maupun sepeda statis.
 
Kegiatan ini juga diisi dengan aksi sosial berupa donasi dari para pendaftar sebesar Rp100 ribu dan donasi yang terkumpul akan dibelikan ribuan sepeda dan sepatu untuk guru-guru di pedalaman.
 
"Jadi agenda HUT itu banyak sekali, berlangsung 10 Januari hingga 31 Mei. Selain masih ada gerakan menjaga pertiwi dan penghijauan yang terus berlanjut. Gerakan senam Sicita akan dilakukan dari seluruh lapisan sampai anak ranting, sehingga melatih jiwa dan badannya kita akan siap memenangkan pemilu 2024 dan mencetak hattrick mendatang pemilu," harapnya.

Baca juga: Megawati: Pemilu 2024 harus dipastikan berjalan demokratis

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022