Ketentuan dari pusat itu mengacu pada peringkat poin PBSI, Maret 2020
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 51 atlet binaan Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti seleksi nasional (seleknas) PBSI 2022 yang bakal bergulir di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, 10-15 Januari.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan pebulu tangkis yang terpilih untuk mengikuti seleknas telah memenuhi kriteria atau ketentuan yang berlaku saat ini.

"Ketentuan dari pusat itu mengacu pada peringkat poin PBSI, Maret 2020. Tetapi kami juga mengevaluasi hasil turnamen Yuzu Akmil Open 2021 di Magelang akhir tahun lalu. Seleknas ini tidak bisa sembarangan dan kami ikut saja sesuai ketentuan dari pusat. Intinya atlet yang kami kirim memang sudah sesuai dengan ketentuan tersebut," kata Basri dalam laman resmi PB Djarum, Jumat.

Baca juga: Agenda Seleksi Nasional khusus gantikan Kejurnas PBSI 2021

Basri mengungkapkan 51 atlet yang mewakili Jawa Tengah pada seleknas PBSI kali ini sendiri akan bersaing pada delapan sektor yakni, tunggal taruna putra dan putri, ganda taruna putra dan putri, ganda taruna campuran, tunggal dewasa putra, ganda dewasa putri, dan ganda dewasa campuran.

"Namun demikian ada beberapa slot kosong pada tunggal dewasa putra, dan kami sudah sempat tawarkan ke Pengkot PBSI Surakarta, Solo, Magelang, dan Pengkab Purwokerto. Tetapi tidak ada respons," ujar Basri.

Ratusan atlet dari berbagai provinsi bakal bersaing untuk bisa masuk skuad pelatnas PBSI. Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan Mimi Irawan dalam keterangan tertulis PBSI sebelumnya mengatakan 90 persen dari 34 pengprov PBSI mengirim wakil untuk mengikuti seleknas.

Baca juga: PB Djarum: Praveen dipulangkan bersama atlet lainnya sesuai surat PBSI

Mimi menegaskan bahwa sistem seleknas yang akan berlangsung ini sudah dibuat dengan sangat fair play dan sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku.

"Walau dengan banyak peserta, kami tetap memberlakukan sistem round robin terlebih dahulu. Tidak langsung sistem gugur. Ini agar semua bisa bersaing, tidak terpatok satu pertandingan saja. Untuk peringkat kami gunakan poin pada bulan Maret 2020," kata Mimi.

Seleknas PBSI 2022 tidak ada pembagian divisi 1 dan 2. Semua akan bertarung di kompetisi yang sama. Untuk kelompok umur, seleknas akan mempertandingkan dua kategori, Taruna (kelahiran 2004 dan seterusnya) dan Dewasa (kelahiran 2002 dan 2003).

Baca juga: PBSI tegaskan bonus Kemenpora tidak khusus untuk tim Piala Thomas

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022