Saya mengucapkan banyak terima kasih atas adanya Bendungan Randugunting ini yang dinanti-nanti oleh petani untuk dinikmati oleh petani semua
Jakarta (ANTARA) - Para petani menyampaikan sejumlah harapan atas beroperasinya Bendungan Randugunting, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di antaranya peningkatan produktivitas dan taraf hidup petani mengingat bendungan tersebut mampu mengairi 650 hektare sawah.

"Tanaman padi ini membutuhkan pengairan yang optimal, jadi harapan kami dari Bendungan Randugunting ini bisa menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yang mana Dam Kedung Sapen ini bisa untuk mengairi daerah kami, daerah Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang," kata salah seorang petani dari Desa Sekarsari, Rembang, Sukarji, Rabu, sebagaimana dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Ia berharap para petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Rembang, dan Pati mendapat manfaat dari keberadaan bendungan dengan kapasitas tampung 14,4 juta meter kubik air tersebut.

Sementara itu, Syakib, petani dari Desa Jatihadi, Rembang, berharap agar pemerintah juga dapat melakukan normalisasi bendungan lainnya yang sudah dangkal. Bendungan yang dangkal, kata Syakib, membuat petani harus menunggu tadah hujan untuk irigasi sawah.

"Mohon perhatiannya Bapak Jokowi, mohon dinormalisasi bendungannya karena dangkal, biar masyarakat menikmati air yang bisa mengalir di petani," ujar Syakib.

Supardi, petani bawang merah asal Desa Jatihadi, merasa bersyukur atas keberadaan Bendungan Randugunting. Supardi berharap pengairan dari bendungan tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi para petani bawang.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas adanya Bendungan Randugunting ini yang dinanti-nanti oleh petani untuk dinikmati oleh petani semua," ucap Supardi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu meresmikan Bendungan Randugunting yang dibangun sejak 2018. Randugunting memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang.

Jokowi berharap kehadiran Bendungan Randugunting dapat menjadikan ketahanan dan kemandirian pangan menjadi makin baik.

Bendungan Randugunting yang memiliki luas genangan 187,19 hektare tersebut juga memiliki sejumlah fungsi lain seperti penyediaan air baku sebanyak 200 liter per detik dan reduksi banjir sebanyak 81,42 meter kubik per detik. Bendungan Randugunting juga memiliki fungsi konservasi dan pariwisata.

"Kita harapkan juga Waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bendungan Randugunting di Blora Jawa Tengah
Baca juga: Presiden Jokowi bakal resmikan bendungan Randugunting
Baca juga: Menteri PUPR: Bendungan Randugunting siap diresmikan awal Januari 2022


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022