Jakarta (ANTARA News) - Perempatfinalis Olimpiade Athena 2004, Nova Widianto/Vita Marissa untuk pertama kalinya mencapai final setelah kembali berduet di lapangan pada Januari 2011.

Pasangan yang berpisah tidak lama setelah Olimpiade 2004 karena Vita cedera itu, maju ke final Thailand Terbuka Grand Prix Gold setelah mengalahkan pasangan Korea Shin Baek Cheol/Kim Min Jung 21-17, 20-22, 21-18 dalam waktu lebih dari satu jam, Sabtu.

"Tentu saja senang karena ini final pertama, mudah-mudahan juara," kata Nova mengungkapkan perasaannya usai pertandingan.

Pada final turnamen berhadiah total 120.000 dolar AS tersebut Nova/Vita yang menjadi unggulan delapan akan melawan unggulan keempat Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin.

Ganda Taiwan tersebut meraih tempat di final setelah bangkit dari kehilangan game pembuka untuk menundukkan unggulan kelima, juara All England, Xu Chen/Ma Jin 17-21, 21-19, 21-15.

Ganda putra unggulan keempat Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga meraih tempat di final setelah membalaskan kekalahan mereka di Macau tahun lalu, atas pasangan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong.

Alvent/Hendra menang 21-14, 21-17 atas ganda Korea peringkat lima dunia tersebut.

Sementara itu, China telah memastikan dua gelar melalui final sesama pemain Negeri Tirai Bambu itu pada tunggal dan ganda putri.

Final tunggal putri mempertemukan unggulan kedua Jiang Yanjiao dengan unggulan ketujuh Li Xierui, sedangkan perebutan gelar ganda putri terjadi antara pasangan unggulan kelima Tian Qing/Zhao Yunlei dengan unggulan ketujuh Shu Cheng/Bao Yixin.

Adapun final tunggal putra mempertemukan unggulan pertama Chen Long dari China dengan pemain Korea unggulan keenam Lee Hyun Il.(*)
(T.F005/A035) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011