Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (4/1), mulai dari Presiden Jokowi dorong pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual, hingga Kasad temui ulama besar Sumut saat kunjungi Medan.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi dorong pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) di DPR RI.

"Saya juga telah meminta pada gugus tugas pemerintah yang menangani RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk segera menyiapkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terhadap draf RUU yang sedang disiapkan DPR RI," kata Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden Jakarta, Selasa (4/1).

Selengkapnya baca di sini.

Pegiat pemilu berharap DPR wujudkan keterwakilan perempuan 30 persen

Pegiat pemilu Titi Anggraini berharap DPR RI mewujudkan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen dalam lembaga penyelenggara pemilu, baik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

"Keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen dalam lembaga penyelenggara pemilu ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum," kata anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini menjawab pertanyaan ANTARA di Semarang, Selasa pagi (4/1).

Selengkapnya baca di sini.

Moeldoko: Pemerintah gunakan pendekatan komprehensif di Papua

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, menegaskan Indonesia tidak lagi menggunakan pendekatan militer untuk menangani persoalan di Papua, namun menggunakan pendekatan yang komprehensif.

"Sejak awal, pemerintah Indonesia memahami dan menyadari bahwa isu Papua tidak bisa hanya diselesaikan dengan pendekatan militer," kata dia, saat bertemu dengan Duta besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett, di Bina Graha Jakarta, Selasa (4/1), sebagaimana keterangan resmi KSP.

Selengkapnya baca di sini.

Ketua MPR minta masyarakat perketat prokes varian Omicron terdeteksi

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, meminta masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan terkait ditemukannya pasien COVID-19 varian Omicron di Jawa Timur.

"Kami mendorong masyarakat di daerah Jatim dan sekitarnya agar meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat protokol kesehatan serta membatasi mobilitas mengingat kasus Omicron penularannya cukup cepat," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (4/1).

Selengkapnya baca di sini.

Kasad temui ulama besar Sumut saat kunjungi Medan

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat berkunjung ke wilayah kerja Kodam I/Bukit Barisan menyempatkan diri menemui salah satu ulama besar Sumatera Utara Buya Amiruddin di Medan, Senin (3/1).

Pertemuan itu merupakan upaya Kasad membangun komunikasi bersama tokoh agama sekaligus menunjukkan adanya hubungan baik antara kelompok pemuka agama (ulama) dan umat (umara).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022