Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Jumat siang hingga sore.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan melalui laman resmi BMKG, Jumat, intensitas hujan dengan skala ringan hanya terjadi di dua wilayah itu, sementara wilayah Jakarta Utara, Barat, Pusat, dan Kabupaten Kepulauan Seribu diliputi cuaca cerah hingga berawan.

Untuk suhu, Jakarta Selatan dan Timur akan berkisar 24-32 derajat Celcius serta tingkat kelembapan 70-100 persen.

Tiga kota administrasi di Jakarta juga akan mengalami rentang suhu dan kelembapan yang seragam yaitu di Jakarta Utara, Barat, dan Pusat, sedangkan Kepulauan Seribu diperkirakan pada 26-32 derajat Celcius dengan persentase kelembapan 80-90 persen.

Peringatan dini tidak hanya dikeluarkan pada sebagian kecil wilayah ibu kota, namun juga di daerah sekitarnya, seperti Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota dan Kabupaten Bekasi di Jawa Barat.

Berdasarkan laporan BMKG RI, wilayah Bekasi akan dilanda hujan petir pada siang hari dan berangsur mereda dengan hujan ringan pada waktu malam.

Untuk Depok, hujan dengan tingkat intensitas sedang akan turun pada siang hari dan berubah menjadi hujan petir saat malam, sedangkan untuk Kota Bogor hujan petir akan terjadi pada waktu siang dan intensitasnya menurun menjadi hujan sedang saat malam.

Kondisi lebih baik akan dialami wilayah Kota Tangerang, Provinsi Banten, yang diprakirakan akan mengalami hujan ringan dan berawan ada siang hingga malam hari.

Baca juga: BMKG minta waspadai potensi hujan petir di Jakbar, Jaksel, dan Jaktim
Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta diprakirakan hujan disertai petir pada Kamis
Baca juga: BMKG prakirakan sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021