Sanaa (ANTARA News) - Sepuluh orang tewas dan 35 orang yang lain terluka di Sanaa selatan ketika tentara Yaman menyerang rumah Sheikh Hamid al-Ahmar, tokoh suku yang berpengaruh, demikian kantornya melaporkan, Sabtu.

"Sepuluh orang telah tewas dan 35 orang yang lain terluka ketika tentara Garda Republik menyerang rumah Sheikh Hamid, Jumat, dalam serangan yang tampaknya sebagai aksi balas dendam," kata seorang pembantu di kantornya kepada AFP.

Sheikh Hamid, seorang pengusaha terkemuka, adalah pemimpin partai oposisi terbesar Yaman --partai Islam Al-Islah (perbaikan).

Serangan menggunakan senjata berat dan rudal itu ditujukan ke rumah Sheikh Hamid yang adalah saudara laki-laki kepala suku berpengaruh Sheikh Sadiq al-Ahmar yang orang-orangnya terperangkap dalam bentrok dengan loyalis pasukan keamanan di Sanaa utara.

Serangan di Hada, bagian selatan Sanaa itu, juga menyasar rumah dua saudara laki-laki mereka, yaitu Hemyar dan Mizhij, serta rumah jenderal pembangkang, Ali Mohsen al-Ahmar.

Serangan itu terjadi sebagai pembalasan bagi serangan di kompleks Presiden Ali Abdullah Saleh Jumat kemarin di mana pemimpin yang ditentang itu serta perdana menteri dan beberapa pejabat penting lainnya terluka. Tujuh orang juga tewas dalam serangan itu, klaim Saleh.

Sheikh Hamid menuduh Saleh telah mengatur serangan di masjid di kompleksnya itu sebagai "pembenaran untuk menyerang dan menghancurkan rumah saya dan rumah saudara saya Hemyar dan Mizhij serta rumah Ali Mohsen al-Ahmar dalam upaya untuk menyeret Yaman ke dalam perang saudara"

SYS/S008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011