Jakarta (ANTARA) - Danny Welbeck membuyarkan kemenangan yang sudah di hadapan mata Chelsea saat melawan Brighton & Hove Albion dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Stamford Bridge, London, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Chelsea lebih dulu memimpin sejak menit ke-28 berkat gol Romelu Lukaku, tetapi Brighton mengorkestrasi kebangkitan mereka dengan penampilan yang mendominasi lebih dari 52 persen pengendalian bola.

Dominasi itu berusaha dikonversi lewat 18 percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran dan berbuah satu poin berkat gol Welbeck pada menit-menit akhir pertandingan.

Baca juga: Tuchel sebut Chelsea masih berjuang dengan cedera dan COVID-19

Kendati gagal menang, tambahan satu poin cukup untuk mengangkat Chelsea naik ke posisi kedua klasemen dengan raihan 42 poin, menggusur Liverpool (41) yang kalah sehari sebelumnya.

Sedangkan Brighton yang berusaha menemukan kembali performa apik sebagaimana di awal musim, hanya bisa naik satu strip ke urutan ke-10 dengan raihan 24 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sama-sama cuma beristirahat dua hari setelah Boxing Day, tak membuat kedua tim bermain malas-malasan. Brighton mengancam lebih dulu mengancam lewat sepakan Tariq Lamptey yang melenceng, sebaliknya tuan rumah nyaris memimpin bila saja tembakan Cesazr Azpilicueta tak membentur tiang gawang.

Chelsea yang perlahan menemukan ritme permainan mereka mampu membuka keunggulan pada menit ke-28 saat Lukaku mampu menanduk umpan sepak pojok kiriman Mason Mount.

Baca juga: Chilwell akhiri musim lebih cepat, Chelsea siap datangkan Lucas Digne

Penyerang Brighton Neal Maupay jatuh dalam duel udara bersama Lukaku, tetapi VAR memastikan bahwa gol itu tetaplah sah untuk Chelsea.

Gol itu seolah memacu semangat tim tamu dan kiper Edouard Mendy dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan Adam Lallana pada menit ke-38, sedangkan lima menit berselang sepakan Lamptey atas bola liar mendarat di atap gawang.

Babak kedua diawali jibaku Mendy menyelamatkan gawang Chelsea dari eksekusi tendangan bebas Alexis Mac Allister dan tembakan jarak jauh Yves Bissouma.

Chelsea berusaha memukul balik Brighton dengan gelombang serangan balik sayang Callum Hudson-Odoi salah mengambil keputusan ketika mengirim umpan tarik ke arah Mount, sebab bola berakhir dihalau oleh Joel Veltman.

Baca juga: Dua penalti Jorginho antar Chelsea kembali ke jalur kemenangan

Permainan terbuka terus tersaji dan tepat di pengujung waktu normal Mount berhasil menyarangkan bola ke gawang Brighton yang ditinggalkan kiper Robert Sanchez. Sayangnya gol itu dianulir karena Mount dinilai terlebih dulu melanggar Veltman kala berusaha merebut penguasaan bola.

Penganuliran itu jelas jadi keputusan krusial sebab semenit berselang Welbeck mampu mengatasi pengawalan dua bek Chelsea untuk menanduk umpan silang kiriman Marc Cucurella dan membawa Brighton menyamakan kedudukan 1-1 yang bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya kedua tim akan membuka tahun 2022 pada Minggu (2/1) saat Chelsea menjamu Liverpool di Stamford Bridge dan Brighton bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021