Mayoritas penyebab karena terpaan angin kencang saat hujan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat mengungkapkan sebanyak 304 pohon sempal dan tumbang selama tahun 2021 di wilayah itu.

Ratusan pepohonan yang sempal atau patah dan tumbang tersebut terjadi di beberapa tempat seperti sisi jalan, permukiman warga hingga taman kota.

"Tercatat ada 304 pohon yang sempal atau tumbang di wilayah Jakarta Barat selama 2021," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat Djauhar Arifien di Jakarta, Rabu.

Dari data yang diberikan Djauhar, tercatat pohon tumbang terbanyak terjadi pada April dengan 128 buah. Pada Desember sebanyak 79 pohon.

Hal tersebut seiring dengan kondisi wilayah Jakarta Barat (Jakbar) yang kerap dilanda hujan disertai angin deras selama Desember ini. "Mayoritas penyebab karena terpaan angin kencang saat hujan," kata dia.

Baca juga: 230 personel Jakbar siap tangani pohon tumbang akibat angin kencang
Baca juga: Pemkot Jakbar pangkas ribuan pohon jelang musim penghujan


Sedangkan jumlah pohon tumbang tersedikit terjadi pada September dan Mei, yakni hanya sebanyak empat buah.

Pihaknya telah berupaya memperkecil jumlah pohon tumbang yang berpotensi membahayakan warga. Selama tahun 2021 telah dilakukan penopingan atau pemangkasan pohon.

Tercatat ada 9.769 pohon dipangkas selama 2021. Jumlah tersebut terdiri dari 6.767 penopingan dengan kategori ringan, 2.286 dengan kategori sedang dan 716 dengan kategori berat.

Petugas di lapangan masih aktif melakukan pemangkasan dan melayani laporan masyarakat terkait adanya pohon yang berpotensi tumbang. Dengan upaya antisipasi tersebut, Djauhar berharap tidak terjadi pohon tumbang yang membahayakan warga hingga akhir 2021.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021