Jakarta (ANTARA) - Thomas Tuchel mengaku ia telah melanggar anjuran tim medis soal kondisi Romelu Lukaku demi membawa Chelsea mengalahkan Aston Villa 3-1 dalam laga Boxing Day Liga Inggris di Villa Park, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Lukaku masih belum mencapai kebugaran 100 persen setelah pulih dari cedera dan sempat positif terpapar Covid-19, tetapi Tuchel melakukan perjudian dengan memasukkan penyerang timnas Belgia itu di awal babak kedua meski anjuran tim medis mengatakan lain.

Menurut Tuchel ia sudah berkonsultasi langsung dengan Lukaku dan sang pemain menyatakan siap main 45 menit.

Baca juga: City vs Leicester 6-3, Guardiola serasa naik "roller coaster"

"Saya minta dia untuk jujur apakah sanggup main 45 menit. Dia jawab iya dan saya bilang, oke, cobalah main 45 menit," kata Tuchel selepas laga dikutip dari laman resmi Chelsea.

"Peran pentingnya tidak diragukan lagi. Semua pemain penting, tapi Romelu adalah pemain kunci, itu jelas, tetapi terakhir dia main sejak awal pada Oktober dan itu bukan karena kualitasnya atau kami ragu."

"Dia hanya kurang beruntung karena cedera dan setelah pulih dia sulit menemukan kebugaran karena terpapar Covid, jadi sepuluh hari lagi harus beristirahat," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Southampton patahkan kutukan kandang West Ham

Perjudian Tuchel berbuah baik sebab Lukaku hanya butuh waktu empat menit untuk membawa Chelsea berbalik unggul atas Villa dan bisa tampil menuntaskan laga ketika Jorginho mengunci kemenangan 3-1 lewat eksekusi penalti keduanya dalam injury time.

"Kami menurunkannya selama 45 menit, dan itu melampaui anjuran tim medis soal dia, tapi saya pikir kami harus mengambil risiko dan bisa bermain lebih menyerang dengan kehadirannya," ujar Tuchel.

"Dan tentu saja saya sangat senang karena semua berjalan dengan baik. Sekarang kami harus lihat bagaimana tubuhnya bereaksi dan perkembangan adaptasinya," katanya melengkapi.

Baca juga: Arsenal vs Wolverhampton juga ditunda karena krisis Covid-19 tim tamu

Lukaku harus menepi sebulan lamanya setelah cedera dalam pertandingan Liga Champions melawan Malmo FF pada 21 Oktober dan pekan lalu menjadi salah satu dari pemain Chelsea yang positif Covid-19.

Sejak diboyong pulang dari Inter Milan pada musim panas kemarin, Lukaku baru tampil 17 kali untuk Chelsea karena terganggu cederanya.

Tuchel tentu berharap Lukaku segera kembali ke kondisi terbaiknya mengingat Chelsea dijadwalkan menutup tahun 2021 dengan menjamu Brighton & Hove Albion di Stamford Bridge pada Rabu (29/12).

Chelsea saat ini berada di urutan ketiga klasemen dengan koleksi 41 poin dari 19 pertandingan dan tertinggal enam poin di belakang pemuncak Manchester City.

Baca juga: Antonio Conte yakin Lucas Moura masih bisa terus berkembang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021