Kami jamin ibadah Natal kondusif dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.
Medan (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Inspektur Jenderal Polisi Panca Putra Simanjuntak menjamin situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif pada perayaan Natal tahun ini.
 
"Kami jamin ibadah Natal kondusif dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya, usai meninjau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja HKBP Sudirman, Medan, Jumat malam.
 
Untuk memastikan keamanan pada perayaan Natal, Polda Sumut bersama aparat TNI beserta unsur pemerintah melakukan patroli berskala besar.
 
Selain memastikan keamanan, Kapolda menyebut bahwa tim gabungan juga melakukan pengecekan di gereja-gereja guna memastikan penerapan protokol kesehatan.
 
Petugas gabungan juga memastikan penerapan aplikasi PeduliLindungi, hingga kapasitas jemaat yang melaksanakan ibadah secara offline.
 
Selain itu, juga didirikan sebanyak 124 pos pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik selama perayaan Natal di Sumut dengan 7.000 personel gabungan yang disiagakan pada masing-masing pos pengamanan.
 
Pelaksanaan Misa Natal juga dijaga tim gabungan TNI-Polri dan sterilisasi oleh Tim Gegana Satuan Brimob Polda Sumut.
 
"Ini semua untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan gereja-gereja serta mal-mal dalam kondisi aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Kapolda.
 
Meskipun situasi aman dan kondusif, Kapolda mengatakan bahwa petugas gabungan tetap memperketat pengawasan di ruang publik dan tempat wisata dari potensi kerumunan guna mencegah penyebaran COVID-19.
 
"Kami imbau juga masyarakat untuk tidak bereforia pada perayaan Natal dan tahun baru nantinya," ujarnya pula.
Baca juga: Forkopimda Sumut patroli skala besar memastikan keamanan malam Natal
Baca juga: 2.471 napi di Sumut dapat remisi Hari Natal 2021

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021