Dioptimalkan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia
Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, dengan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat, sepakat bekerja sama dalam peningkatan dan pengembangan mutu jurnal ilmiah.

"Salah satu ruang lingkup kerja sama ini yaitu mengenai peningkatan mutu jurnal ilmiah," kata Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Palu Dr Mohamad Idhan, di Palu, Senin.

Kerja sama dua perguruan tinggi tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor UIN Datokarama Palu diwakili oleh Mohamad Idhan dan Rektor Universitas Siliwangi diwakili oleh Dr Supratman, berlangsung di UIN Palu, Senin.

Dari nota kesepahaman tersebut, ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama dengan LP2M-Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Unsil.

Idhan menjelaskan kerja sama dua lembaga itu substansinya adalah optimalisasi penerapan dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Karena itu ruang lingkupnya juga meliputi tentang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan," kata Idhan.

Selain itu, dari kerja sama tersebut, Idhan mengatakan UIN Datokarama dan Universitas Siliwangi sepakat menyelenggarakan riset secara kolaborasi dan publikasi ilmiah, serta pengembangan sumber daya.

Di samping itu, UIN Datokarama Palu dan Universitas Siliwangi sepakat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah, kajian ilmiah dan seminar dan lokakarya untuk menopang publikasi ilmiah.

"Bahkan lewat kerja sama ini akan dioptimalkan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak," ujar Idhan.

Ia menambahkan dengan kerja sama itu para pihak sepakat saling mendukung (support system) dalam pengelolaan dan peningkatan kualitas mutu dan akreditasi jurnal ilmiah.

Berkaitan dengan itu Ketua LP2M-PMP Universitas Siliwangi Dr Supratman mengemukakan kerja sama ini untuk kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat.

"UIN Datokarama Palu mitra strategis yang potensial untuk pengembangan jurnal ilmiah dan hasil riset para akademisi," kata Supratman.

Ia juga mengemukakan bahwa kerja sama ini saling mengkolaborasikan para dosen yang tidak hanya melakukan riset dan publikasi ilmiah, tetapi juga pelibatan dalam kegiatan-kegiatan konferensi internasional.
UIN Datokarama Palu dengan Universitas Siliwangi Tasikmalaya kerja sama pengembangan mutu jurnal ilmiah. Penandatangan nota kesepahaman berlangsung di UIN Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)



Baca juga: Rektor UIN Datokarama: Penerima KIP Kuliah harus tingkatkan prestasi

Baca juga: UIN Palu gencar sosialisasikan moderasi beragama perkuat kerukunan

Baca juga: UIN Datokarama tingkatkan peran perempuan Sigi sebagai agen perdamaian



 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021