Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Rusia bekerja sama dalam melaksanakan pameran dan forum perdagangan dan industri INNOPROM di Indonesia pada Maret 2022.

"Salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah urusan ekonomi Rusia-Indonesia adalah pameran dagang dan forum industri utama Rusia INNOPROM yang hadir di Indonesia pada 10-12 Maret 2022," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G. Vorobyova konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Dubes Vorobyova menyebutkan bahwa pelaksanaan INNOPROM 2022 di Indonesia itu dilakukan melalui kerja sama antara kementerian perdagangan dan industri Rusia dengan kementerian koordinator bidang perekonomian Indonesia.

"Awalnya kami merencanakan pelaksanaan pameran ini pada November tahun ini, namun karena situasi pandemi COVID-19 dan semua pembatasan yang berlaku di Indonesia, kami memutuskan untuk mengadakannya pada Maret tahun depan," ujarnya.

Dubes Rusia itu lebih lanjut mengatakan bahwa kegiatan INNOPROM pada Maret 2022 di Jakarta akan dilaksanakan dalam kerangka keketuaan Indonesia di G20, yang juga didukung oleh pemerintah Rusia.

Baca juga: Presiden Jokowi harap dukungan Rusia dalam keketuaan G20 Indonesia

Melalui INNOPROM, ujarnya, lebih dari 100 perusahaan dan sekitar 300 delegasi dari Rusia dan negara-negara Uni Ekonomi Eurasia (Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyztan) akan datang ke Jakarta untuk membangun hubungan bisnis yang efektif dengan mitra-mitra di Indonesia dan negara-negara lain ASEAN.

"Banyak dari mereka akan tertarik untuk mengetahui bagaimana melakukan kerja sama dengan Indonesia dan bagaimana berinvestasi di Indonesia. Di antara delegasi INNOPROM, akan ada perusahaan-perusahaan besar dan juga beberapa perusahaan ukuran menengah," kata Dubes Vorobyova.

Sesi utama acara INNOPROM di Jakarta akan mencakup bisnis di bidang transportasi, penerbangan dan mesin pertanian; teknologi energi baru; teknologi informasi industri; teknologi kota cerdas (smart city); serta peralatan farmasi dan medis.

Selanjutnya, acara itu juga akan diisi dengan sesi pertemuan antarbisnis yang akan berlangsung selama dua hari. Sesi tersebut diyakini merupakan peluang yang baik bagi para calon investor dan mitra untuk bertemu.

"Lalu hari ketiga (INNOPROM di Jakarta) kami rancang untuk kunjungan lapangan ke kawasan industri dan perusahaan Indonesia," ujar Vorobyova.

"Kami percaya bahwa terlepas dari semua kesulitan dengan pandemi, INNOPROM di Jakarta akan dapat diselenggarakan setiap tahun," katanya. 

 Baca juga: DPR setujui RUU perjanjian bantuan hukum timbal balik Indonesia-Rusia

Baca juga: Produk unggulan Indonesia tampil di pameran industri Rusia

 

TNI AL & ASEAN latihan tempur bersama Rusia di Selat Malaka


 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021