Ada informasi Dumbo sejak sakit hingga mati, pihak manajemen tidak berkoordimasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim
Surabaya (ANTARA) - Legislator Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya meminta Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) berbenah dan memperbaiki diri usai anak gajah bernama Dumbo mati.

"Kami sangat menyesalkan ada satwa yang menjadi korban lagi di KBS mengingat sudah pernah terjadi terhadap satwa yang harusnya dilindungi," kata anggota Komisi B DPRD Surabaya Alfian Limardi di Surabaya, Senin.

Menurut dia, di tengah sorotan kinerja yang tidak profesional, hendaknya manajemen PDTS KBS segera berbenah dan memperbaiki diri.

Ia mengatakan kematian anak gajah Dumbo ditengarai akibat kelalaian manajemen KBS . Hal ini, lanjut dia, dikarenakan ada informasi Dumbo sejak sakit hingga mati, pihak manajemen tidak berkoordimasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim.

"Kami akan memanggil manajemen PDTS KBS supaya fakta kematian Dumbo terbuka lebar. Kalau terbukti melakukan kelalaian sudah selayaknya mendapatkan sanksi, supaya menjadi pelajaran agar tidak terulang lagi," katanya.

Dirut PDTS KBS Khoirul Anwar sebelumnya saat dikonfirmasi melalui Whatsapp membenarkan kematian anak gajah di KBS itu.

Hanya saja, ia enggan menjelaskan alasan anak gajah tersebut mati.

"Iya mas, tepatnya kita tunggu hasil outopsi dan laboratorium. Nanti kita rillis," kata Khoirul Anwar singkat.

Dumbo merupakan gajah Sumatera berjenis kelamin jantan yang dilahirkan pada 22 Juli 2019. Dumbo lahir secara normal dengan berat badan 122 kilogram, tinggi badan 88 centimeter, dan lingkar dada 118 centimeter.

Wali Kota Surabaya, saat itu, Tri Rismaharini bersama cucunya sempat melihat gajah mungil yang masih berusia tujuh hari itu.

Nama Dumbo diberikan Gwen, cucu Risma. Gajah itu merupakan hasil perkawinan dari indukan gajah betina, yang bernama Lembang dan induk jantan yang bernama Doa. 

Baca juga: Anak gajah "Dumbo" di Kebun Binatang Surabaya mati

Baca juga: DPRD Surabaya panggil PDTS KBS terkait kematian anak gajah Dumbo


Baca juga: Bayi Gajah Sumatera Lahir di KBS

Baca juga: Seekor komodo jantan koleksi KBS mati
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021