Jakarta (ANTARA) - Pemilihan anggota Dewan Legislatif (LegCo) ke-7 Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong dimulai pada Minggu (19/12) pagi waktu setempat.

Hal itu menjadi pemilihan pertama sejak penyempurnaan sistem pemilu daerah administratif tersebut.

Lebih dari 600 tempat pemungutan suara (TPS) dibuka pukul 08.30 waktu setempat di seluruh Hong Kong bagi sekitar 4,5 juta pemilih yang terdaftar untuk memberikan suara.

Keanggotaan LegCo ke-7 SAR Hong Kong akan bertambah dari 70 menjadi 90 orang, dan para anggota akan dipilih oleh konstituen Komite Pemilu (40 kursi), konstituen fungsional (30 kursi), dan konstituen geografis (20 kursi).

Di konstituen Komite Pemilu, 51 kandidat bersaing memperebutkan 40 kursi. Sementara di konstituen fungsional, 67 kandidat bersaing memperebutkan 30 kursi, dan di konstituen geografis, 35 kandidat bersaing memperebutkan 20 kursi.

Akibat kebijakan pengendalian perbatasan terkait COVID-19, TPS juga didirikan di sejumlah titik pemeriksaan di Heung Yuen Wai, Lo Wu, dan Lok Ma Chau Spur Line.

Para pemilik hak suara Hong Kong yang ada di China daratan dapat dengan cepat menyeberang ke Hong Kong untuk memberikan suara mereka.

Berbagai operator layanan transportasi umum, termasuk Mass Transit Railway Corporation Limited, operator bus waralaba, dan Hong Kong Tramways menyediakan angkutan gratis bagi masyarakat di hari pemilihan tersebut.

Pemungutan suara akan berakhir pada pukul 22.30 waktu setempat di hari yang sama.

LegCo merupakan badan legislatif SAR Hong Kong. Para anggota LegCo memiliki masa jabatan selama empat tahun.

Sesuai Peraturan Dewan Legislatif, Kepala Eksekutif LegCo telah menetapkan 1 Januari 2022 sebagai tanggal dimulainya masa jabatan ke-7 LegCo SAR Hong Kong.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2021